6 Perilaku Manusia yang Masih jadi Misteri

   •    Sabtu, 18 Jul 2015 13:25 WIB
6 Perilaku Manusia yang Masih jadi Misteri
Ilustrasi (Foto: Getty Images)

Metrotvnews.com: Ada beberapa perilaku manusia dalam ilmu pengetahuan yang belum bisa dijelaskan secara ilmiah. Para ilmuwan tidak dapat mengetahui alasan mengapa seseorang bermimpi, berciuman, atau tiba-tiba malu. Tidak hanya itu saja masih banyak aspek perilaku manusia yang masih dianggap sebagai misteri hingga kini. 

1. Rasa Malu

Rasa malu mungkin disebabkan dari faktor genetik atau karena pengaruh lingkungan di mana seseorang dibesarkan atau mungkin karena dari pengalaman-pengalaman pribadinya. Ini dirasakan sebab kurang kenyamanan saat bertemu orang asing, melakukan pertemuan secara umum, berbicara di publik dan sebagainya. Tapi hingga saat ini secara ilmiah tidak tahu mengapa rasa malu termasuk gugup itu bisa terjadi pada manusia.

2. Mengupil

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa satu dari empat orang terlibat dalam kebiasaan mengupil hampir empat kali sehari. Beberapa remaja dan anak-anak bahkan menelan kotoran hidungnya sendiri. Meski dianggap jorok, tapi mereka tetap tidak peduli dan seperti sebuah kebiasaan yang aneh. Alasan mengapa para anak-anak dan remaja melakukannya hingga kini dalam ilmu belum ada jawabannya.

3. Percaya takhayul

Banyak orang percaya pada hal-hal takhayul yang tidak memiliki bukti ilmiah. Beberapa bahkan merasa diganggu oleh sesuatu yang tidak terlihat. Ilmu pengetahuan belum dapat mengetahui sampai saat ini, mengapa mereka percaya akan dunia takhayul.

4. Rasa Ikhlas

Berbuat baik untuk orang lain adalah bagian dari sifat manusia. Banyak orang mempertaruhkan hidup mereka sendiri untuk kesejahteraan dan untuk kehidupan orang lain. Biasanya, manusia merasakan ketenangan batin atau hal menyenangkan yang tidak bisa dijelaskan ketika berbuat baik dan ikhlas. Hingga kini, ilmu pengetahuan belum dapat mengetahui mengapa ada sifat manusia yang memungkinkan orang membantu tanpa mengharapkan imbalan apa pun.

5. Ciuman

Ciuman merupakan ungkapan akan perasaan intim dari cinta, kasih sayang, ucapan dan gairah. Tindakan menekan bibir seseorang terhadap orang lainnya memang bisa mengurangi kadar hormon stres kortisol dan meningkatkan ikatan pada setiap hubungan. Mengapa manusia bisa melakukan tindakan berciuman, sampai saat ini masih misteri.

6. Mimpi

Hingga saat ini, mimpi adalah sesuatu yang misterius. Mimpi terjadi secara acak tanpa bisa dikendalikan. Ada yang mengatakan bahwa orang-orang yang mengingat emosi pada hari itu dapat membawanya dalam tidur sehingga terjadilah mimpi. Mimpi juga memiliki makna dan ada beberapa ahli yang bisa memprediksi makna dari mimpi itu. Tapi, mengapa kita bermimpi itu jadi misteri besar yang belum bisa dijelaskan ilmu pengetahuan saat ini. (Sumarni/Boldsky)

(ASA)