Soal Tolikara, Ketua DPR: Jangan Sampai Masyarakat Terpancing

Arga sumantri    •    Sabtu, 18 Jul 2015 13:26 WIB
penyerangan
Soal Tolikara, Ketua DPR: Jangan Sampai Masyarakat Terpancing
Ketua DPR Setya Novanto/ANT/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua DPR Setya Novanto menyesalkan kerusuhan yang terjadi di Tolikara, Papua, Jumat 17 Juli. Pria yang akrab disapa Setnov ini meminta masyarakat tak terpengaruh isu apa pun yang berkaitan dengan kasus itu.

"Jangan sampai masyarakat terpancing dengan isu ini, suasana hari raya diharapkan semuanya tenang, jangan ada isu yang membuat suasana jadi tidak baik," kata Setnov saat menghadiri open house di kediaman Ketua Fraksi Golkar Ade Komarudin, Jalan Mendawai I No.2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (18/7/2015).

Sementara Ketua Komisi III DPR Azis Syamsudin juga meminta masyarakat tenang dan tetap dingin menghadapi isu yang berkembang. Dia pun mengaku sudah memerintahkan jajarannya untuk turun ke lapangan untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh guna memberikan kepastian keamanan bagi masyarakat khususnya di Papua.

"Jajaran di Polhukam, saya perintahkan segera turun lapangan. Ngga bisa diselesaikan di tataran Jakarta saja, rencananya setelah masa libur bersama ini kita akan cek," kata Aziz di tempat yang sama.

Peristiwa pembakaran mushola, kios dan beberapa rumah saat pelaksanaan Solat Ied di Tolikara, Papua tengah menjadi sorotan publik. Menurut Ketua Fraksi Golkar di DPR Ade Komarudin, tindakan tersebut adalah tindakan yang melanggar amanah konstitusi dalam hal kebebasan beragama.

"Tentu sangat menyesalkan, karena kebebasan agama ini dilindungi undang-undang, harapannya pihak berwenang bisa segera menuntaskan," ungkap Ketua Umum Sentra Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) tersebut.


(OJE)