Lebaran, Menperin Rela Tempuh Perjalanan Seharian Demi Bertemu Keluarga

Husen Miftahudin    •    Sabtu, 18 Jul 2015 13:31 WIB
kementerian perindustrian
Lebaran, Menperin Rela Tempuh Perjalanan Seharian Demi Bertemu Keluarga
Saleh Husein. (Metro TV)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia untuk merayakan kemenangan setelah sebulan lamanya menahan lapar dan dahaga. Mudik merupakan tradisi penyempurna Lebaran setelah setahun lamanya merantau mengumpulkan pundi-pundi harta demi perekonomian yang lebih baik di Indonesia.

Tradisi mudik ternyata juga berlaku bagi seorang pejabat negara seperti Menteri Perindustrian (Menperin), Saleh Husin. Pria kelahiran Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini selalu mudik setiap tahunnya untuk bertemu keluarga.

Saleh bercerita, secara bergantian setiap tahunnya ia melakukan mudik ke kampung halamannya yang ada di Rote, kadang pula di kampung istrinya yang berada di Palembang.

Seperti kebanyakan masyarakat Indonesia pada umumnya, saat mudik, ia rela menempuh ribuan kilometer (km) dengan kondisi lalu lintas yang macet parah.

"Dulu pernah saya mengalami (mudik) jalan darat, menggunakan mobil, macet dengan antrean cukup panjang di Merak. Waktu itu tempuh cukup lama, kan untuk antrean di Merak saja sudah hampir setengah hari," aku Saleh ditemui di rumah dinasnya beberapa waktu lalu.

Saat mudik tersebut, Saleh baru memiliki satu anak bernama Sadenzca Haniyah Putri. Sang putri tak mengeluh dan malah justru senang saat bermacet ria hingga berjam-jam demi bertemu sang kakek-nenek.

Menurutnya menjadi seorang menteri harus membuka pintu untuk keluarga kementerian dan masyarakat luas yang ingin bersalaman. Ini yang membuat Saleh harus menetap di Jakarta dan menahan mudik dalam sementara waktu.

Tahun ini merupakan tahun pertama bagi Saleh menjadi seorang menteri. Ia pun harus sowan ke Presiden, Wakil Presiden, menteri, kepala lembaga setara menteri hingga masyarakat luas. Berbeda dengan beberapa tahun belakangan ketika ia menjabat sebagai anggota DPR RI dan pengusaha.

"Kalau sekarang tentu kita harus lebaran di Jakarta karena harus dengan presiden dan wakil presiden untuk membuka diri kepada staf temen-temen Kemenperin. Tentu harus membuka diri," jelas dia.

Dia mengatakan dirinya akan tetap mudik jika sang orang tua berada di Palembang. Itu dilakukan setelah Saleh sowan ke presiden dan wakil presiden serta membuka open house bagi masyarakat umum.

"Untuk tahun ini saya hari pertama bersmaa presiden dan wapres kemudian open house. Kalau soal mudik, tergantung orangtua mau di mana, mau rumah di Jakarta apa di Palembang. Kalau jadi di Palembang ya saya pasti mudik, mungkin hari kedua setelah open house," terang Saleh.



(SAW)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

3 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA