Dapat Dana Talangan, PM Yunani Akan Rombak Kabinet

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 18 Jul 2015 14:44 WIB
ekonomi yunani
Dapat Dana Talangan, PM Yunani Akan Rombak Kabinet
Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Athena: Setelah Yunani dipastikan akan mendapatkan dana talangan untuk mengatasi krisis ekonomi, Perdana Menteri Alexis Tsipras diperkirakan akan merombak kabinetnya.

Perombakan akan dalam beberapa hari kedepan.  Kebijakan ini diambil PM Tsipras setelah Yunani memperoleh tambahan dana talangan dari Bank Sentral Eropa.

Penangguhan utang dan pengucuran kembali dana oleh kreditor Eropa dilakukan menyusul sebuah pemungutan suara oleh parlemen Yunani Kamis (16/7/2015) lalu. Pemungutan suara itu menyetujui langkah-langkah penghematan yang ketat, termasuk kenaikan pajak dan pemotongan pensiun.

Pemungutan suara ini memicu sebuah pembelotan oleh beberapa anggota partai Tsipras. Warga Yunani juga memprotes keputusan menerima dana talangan itu.

Bagi rakyat Yunani, mereka sudah dibebani secara berlebihan akibat langkah pemotongan anggaran.

"Pendanaan Eropa baru ini memungkinkan pembukaan kembali bank-bank yang ditutup sejak akhir Juni. Sebelumnya, nasabah dibatasi penarikan uang tunai sebanyak USD67 (sekitar Rp895 ribu) per hari dari mesin ATM," pernyataan Pemerintah Yunani, seperti dikutip VOA Indonesia, Sabtu (18/7/2015).

"Kalau bank-bank dibuka kembali, maka batas penarikan uang tunai kemungkinan akan dilonggarkan berupa sebuah batas mingguan," lanjut pernyataan itu.

Namun belum diumumkan besaran batasan uang yang bisa ditarik oleh warga Yunani. Sementara itu, parlemen Jerman melalui pemungutan suara menyatakan mendukung  perundingan seputar kesepakatan dana talangan baru untuk Yunani.

Jerman adalah negara Eropa terkaya, dan merupakan kreditor Yunani terbesar. Diperkirakan anggota-anggota parlemen akan menyetujui perundingan baru dengan Athena ini.
 


(FJR)