Partai NasDem Bali Usung 40 Persen Caleg Perempuan

- 22 April 2013 23:09 wib
Ilustrasi--ANTARA/Yusran Uccang/zn
Ilustrasi--ANTARA/Yusran Uccang/zn

Metrotvnews.com, Denpasar: Ketua Partai NasDem Bali IB Oka Gunastawa mengatakan saat ini dirinya bersama seluruh pengurus baik di tingkat provinsi maupun kabupaten kota di Bali berhasil mengusung sebanyak 40 persen Caleg perempuan.

"Jadi kalau amanat UU dan peraturan KPU yang mensyaratkan caleg perempuan sebanyak 30 persen, maka Partai NasDem Bali sudah melangkah lebih maju dan berhasil mengusung 40 persen caleg perempuan yang akan duduk di DPRD Provinsi nanti," ujar Gunastawa, Senin (22/4), saat ditemui di KPU Bali ketika mendaftarkan para Caleg dari Partai NasDem Bali yang akan duduk di DPRD Bali.

Untuk DPRD Bali, sebanyak 55 kursi yang diperebutkan, Caleg perempuan ada sekitar 22 orang. Selebihnya adalah Caleg laki-laki.

Hal yang sama juga terjadi untuk DPRD Kabupaten dan Kota di Bali, dimana Caleg perempuan rata-rata di atas 30 persen. Sedangkan untuk DPR RI, dari 9 orang yang diusulkan, 3 orang diantaranya wanita.
"Lagi lagi kalau mau dipersentasekan juga melebih kuota yang diwajibkan oleh UU yakni sebanyak 33 persen," ujarnya.

Menurut Gunastawa, banyaknya kuota perempuan yang akan duduk di legislatif tersebut bukan sekadar asal comot. Tim penyaringan atau rekrutmen telah mempertimbangkan, menyaring dan menetapkan sesuai kapabilitas, kompetensi, dan persyaratan lainnya yang dibutuhkan oleh partai. 

"Ada banyak latarbelakang. Ada yang dosen, aktivis, pramugari, tokoh masyarakat dan sebagainya," ujarnya.
Gunastawa juga menjamin jika dalam rekrutmen kali ini bebas dari KKN, apalagi suap menyuap. "Kita berlakukan aturan secara ketat dan kita tidak mau main-main. Jadi tidak ada suap menyuap di sini," ujarnya. (Arnoldus Dhae)

()

Bakal calon presiden dari PDIP, Joko Widodo. -- Surya Perkasa

Teka-Teki Deklarasi Cawapres Jokowi

24 April 2014 21:51 wib

JOKOWI suguhkan teka-teki tentang cawapresnya.