Petinggi GIDI Serahkan Kericuhan Tolikara ke Kepolisian

LB Ciputri Hutabarat    •    Sabtu, 18 Jul 2015 23:25 WIB
penyerangan
Petinggi GIDI Serahkan Kericuhan Tolikara ke Kepolisian
Barisan polisi tengah bersiap melakukan pengamanan. (FOTO:ANTARA/NYOMAN BUDHIANA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Gereja Injili di Indonesia (GIDI) Dorman Wandikmbo menyerahkan kericuhan di Tolikara, Papua, ke kepolisian. Dia berhadap, polisi mengusut biang dari kasus yang menyebabkan seorang pemuda tewas dan belasan lain luka-luka.

"Kami minta Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) dan Panglima TNI untuk juga mengusut tuntas penembakan warga sipil oleh aparat keamanan yang menyebabkan satu orang meninggal dunia (Endi Wanimbo, 15) dan 11 orang terluka," Dorman dalam siaran pers yang diterima Metrotvnews.com, Sabtu (18/7/2015).

Dorman menjelaskan, situasi di Tolikara berbeda dengan pemberitaan yang ada di media. Dia menekankan tidak ada pembakaran rumah ibadah dalam kericuhan ini. "Hanya beberapa kios yang dibakar pemuda," jelas dia.

Dorman menambahkan, pembakaran kios dilakukan terjadi lantaran reaksi pemuda terhadap tindakan aparat negara yang dinilai kurang persuasif dalam mengamankan situasi kekacauan. Dia menjelaskan, aparat menggunakan senjata dalam menangani kerusuhan.

"Mereka menggunakan alat-alat Negara (senjata dan peluru) untuk melumpuhkan para pemuda tersebut," ucap dia.

Kerusuhan di Kabupaten Tolikara terjadi Jumat, 17 Juli pagi. Insiden diduga disebabkan salah paham karena pengeras suara. Pada saat bersamaan di daerah tersebut berlangsung dua acara yang digelar dua umat agama yang berbeda.


(OGI)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA