Review Smartphone

Sony Xperia M4 Aqua, Ponsel Kelas Menengah yang Tahan Air

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 19 Jul 2015 09:02 WIB
review gadget
Sony Xperia M4 Aqua, Ponsel Kelas Menengah yang Tahan Air
Xperia M4 Aqua dilengkapi dengan fitur kedap air.

Metrotvnews.com: Pada akhir Juni lalu, Sony meluncurkan Xperia C4 dan Xperia M4 Aqua secara bersamaan. Mengingat keduanya berada di rentang harga yang sama, tidak bisa tidak, saat saya mencoba Xperia M4 Aqua, saya cenderung membandingkannya dengan Xperia C4.

Selain diluncurkan di saat yang sama, Xperia M4 Aqua dan Xperia C4 memiliki spesifikasi yang serupa. Walaupun demikian, tetap ada beberapa perbedaan di antara keduanya. Seperti namanya, ponsel buatan Sony satu ini memiliki fitur tahan air. Artinya, Anda tidak perlu khawatir akan ponsel Anda saat hujan mengguyur. Atau jika Anda adalah tipe orang yang tidak bisa lepas dari ponsel Anda, Anda bisa dengan tenang membawanya ke kolam renang.
 

Desain

Sama seperti Xperia C4, Xperia M4 Aqua memiliki desain khas Sony yang cenderung kaku dengan tombol power lebih mendekat ke tengah ponsel dan lambang Sony pada bagian belakang. Dengan memandang sekilas, Anda dapat tahu bahwa Xperia M4 Aqua adalah ponsel buatan Sony. Di sisi kanan, di bawah tombol power, Anda akan menemukan tombol volume dan tombol untuk mengambil gambar, yang akan memudahkan Anda saat hendak mengambil foto. Di bagian atas, Anda akan menemukan port untuk SIM card. 



Sementara di bagian kiri atas, Anda akan menemukan port untuk charger dan di bawahnya, port untuk kartu microSD, yang, sama seperti port untuk SIM card, tertutup oleh flap. Port untuk earphone terletak di bagian atas, sementara speaker terletak di bagian bawah depan. Satu hal yang unik mengenai Xperia M4 Aqua adalah karena Sony membiarkan port charger dan port earphone terbuka begitu saja. Meskipun begitu, ponsel ini tetap kedap air.

Bagian belakangnya terbuat dari plastik. Berbeda dengan Xperia C4 yang memiliki casing berbahan doff yang cepat kotor, bodi Xperia M4 Aqua tidak mudah kotor. Dan sekalipun ia kotor, Anda tidak perlu takut untuk membilasnya dengan air. Sama seperti Xperia C4, Xperia M4 Aqua memiliki sebuah speaker mungil. Hanya saja, berbeda dengan Xperia C4 yang memiliki speaker di bagian belakang, Xperia M4 Aqua memiliki speaker di bagian depan. 


Software & antarmuka

Tidak ada yang istimewa dari antarmuka Xperia M4 Aqua, Sony masih memilih untuk menggunakan antarmuka khasnya, yang cukup intuitif walau mungkin tidak semudah MIUI dalam masalah kustomisasi. Anda tetap dapat melakukan kustomisasi pada tema dan wallpaper, tetapi pilihan yang tersedia lebih terbatas.



Hal yang cukup menyebalkan adalah karena banyak fitur bawaan yang dimasukkan Sony ke dalam M4 Aqua. Meski aplikasi bawaan yang dimasukkan sebenarnya cukup standar, aplikasi-aplikasi ini dapat Anda temukan pada ponsel buatan Sony yang lain, hanya saja, mengingat memori internal M4 Aqua yang memang tidak terlalu besar, aplikasi bawaan ini membuat memori yang sudah terbatas menjadi semakin terbatas. Dan seperti kebanyakan aplikasi bawaan lain, Anda tidak bisa meng-uninstall aplikasi tersebut.

Sama seperti Xperia C4, Xperia M4 Aqua juga dilengkapi dengan fitur My Xperia Theft Protection. Pada dasarnya, fitur ini berfungsi untuk menemukan kembali ponsel Anda jika Anda kehilangan smartphone Anda. Ia dapat digunakan untuk melacak lokadi ponsel Xperia Anda berada selama Anda sudah mengaktifkan fitur ini. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur ini untuk menghapus semua data yang tersimpan dalam ponsel Anda, membunyikan alarm atau mengganti kode PIN ponsel Anda.


Kamera & video

Meski tidak dibanggakan sebagai ponsel untuk foto, tetapi foto yang dihasilkan M4 Aqua cukup bagus. Selama Anda berada di luar ruangan dan mendapatkan sinar yang cukup. Saat Anda mengambil foto dengan penerangan yang kurang, barulah Anda akan menemui masalah, karena tanpa flash, gambar yang dihasilkan cenderung memiliki berwarna kekuningan. Dengan flash, Anda tetap dapat membuat foto Anda tetap terlihat cukup tajam.

Gambar yang diambil dengan cahaya cukup.



Gambar yang diambil di malam hari tanpa flash.



Gambar yang diambil di malam hari dengan flash.



Foto dengan kamera depan dengan cahaya cukup.



Foto dengan kamera depan di cahaya remang.



Sama seperti Xperia C4, Xperia M4 Aqua juga dilengkapi dengan flash untuk kamera depan. Ia juga dilengkapi dengan berbagai mode kamera seperti yang biasa Anda temui pada ponsel Sony. Sayangnya, saya menemui sedikit masalah ketika saya mencoba menggunakan mode yang agak tidak biasa, seperti mode sport. Saat saya hendak memotret, kamera mendadak freeze.

Sementara itu, untuk masalah video, Xperia M4 Aqua sudah dapat digunakan untuk merekam video Full HD walau ia hanya memiliki layar dengan resolusi HD.


Performa & baterai

Untuk ponsel seharga Rp4 juta, saya merasa performanya cukup mengecewakan. Memang, saya tidak menemui masalah berarti saat menggunakan M4 Aqua untuk tugas sehari-hari, seperti menonton YouTube, menjelajah internet, atau membuka email, tetapi begitu saya mencoba menggunakannya untuk bermain, performanya sedikit mengecewakan.

Satu hal lain yang mengecewakan dari Xperia M4 Aqua adalah memori internalnya, yang relatif kecil, yaitu 8GB. Setengah dari memori internal tersebut telah habis digunakan untuk Android Lollipop. Dengan aplikasi bawaan Xperia M4 Aqua yang cukup banyak, tidak banyak memori tersisa, sekitar 2GB. Jadi, jangan harap Anda dapat mengunduh aplikasi-aplikasi yang memakan banyak memori, seperti game Asphalt 8: Airborne, misalnya. 

Untuk mengetes kemampuan dari Xperia M4 Aqua, saya tidak menggunakan Asphalt 8: Airborne seperti biasanya. Sebagai gantinya, saya mencoba untuk memainkan Defenders, sebuah game defense towers dengan grafik yang cukup berat. M4 Aqua dapat digunakan untuk memainkan game ini dengan cukup lancar, walau sesekali, ia freeze.



Xperia M4 Aqua hanya memiliki satu SIM card, yang sudah mendukung koneksi 4G LTE. Hal ini cukup menyusahkan, mengingat saya sudah terbiasa menggunakan ponsel dual SIM card. Xperia M4 Aqua juga mengalami masalah yang sama dengan Xperia C4 dalam masalah manajemen panas. Jika M4 Aqua digunakan untuk bermain terlalu atau sedang mengisi baterai, maka bagian belakang atas akan terasa panas.

Seperti biasa, saya juga menguji Xperia M4 Aqua dengan aplikasi benchmark 3DMark dan PCMARK. Inilah hasilnya.


Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas, performa Xperia M4 Aqua terbilang cukup bagus di kelasnya. Dan fakta bahwa ia memiliki fitur tahan air merupakan salah satu kelebihan tersendiri. Selain itu, sama seperti ponsel lain buatan Sony, Xperia M4 Aqua memiliki layar yang sangat berkualitas.

Meski ia memiliki ukuran lebih kecil dari Xperia C4, tetapi menonton menggunakan Xperia M4 Aqua tetap asyik. Dan karena ukurannya yang lebih kecil, saya merasa lebih nyaman memegang Xperia M4 Aqua daripada Xperia C4.

Selain performa, saya juga mengukur daya tahan baterai dari Xperia M4 Aqua. Dan inilah hasilnya.

Berdasarkan tes menggunakan PCMark, Xperia M4 Aqua dapat bertahan selama 7 jam 24 menit, sama sekali tidak jelek untuk ponsel di kelasnya. Sepreti yang Anda lihat di atas, di kelas yang sama, Xperia M4 Aqua memiliki baterai yang dapat bertahan lebih lama dari para pesaingnya.


Kesimpulan

Xperia M4 Aqua memiliki desain yang cantik. Desain miliknya mirip dengan desain flagship Sony tahun lalu, Xperia X3. Salah satu kelebihan lain dari M4 Aqua adalah karena ia kedap air. Salah satu kelemahan dari M4 Aqua adalah karena ia memiliki memori internal yang kecil dan aplikasi bawaan yang cukup banyak. Sehingga memori yang tersedia sejak awal Anda membeli ponsel ini memang sangat terbatas.

Selain itu, jika dibandingkan dengan Xperia C4, yang dikeluarkan pada saat yang bersamaan, Xperia M4 Aqua menjadi terlihat kurang menarik. Karena dengan harga yang sedikit lebih mahal, Xperia C4 menawarkan layar yang lebih besar, resolusi layar lebih tajam dan memori internal yang lebih lega. Walau jika Anda sangat mementingkan masalah desain, Xperia M4 Aqua memiliki desain yang lebih elegan.
 
 
  Sony Xperia M4 Aqua
Prosesor Qualcomm Snapdragon 615 @1,4GHz octa-core
RAM 2 GB
OS Android Lollipop (5.0)
Memori Internal 8 GB
Kamera 13 MP (belakang), 5 MP (depan)
Dimensi 145.5 x 72.6 x 7.3 mm
Bobot 136 gram
Baterai 2.400 mAh removable battery
Layar 5-inci IPS LCD 720x1280 pixel
Konektivitas GSM: 850 / 900 / 1800 / 1900 MHz
HDSPA: 900 / 2100 MHz
LTE: 850 / 900 / 1800 / 2100 MHz
Harga Rp4.000.000
 

Sony Xperia M4 Aqua

 

7,4

  • + Desain yang cantik
  • + Tahan air
  • - Memori internal kecil
  • - Hanya ada satu SIM card



(ABE)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA