Kapolda Kirim Dua Kompi ke Karubaga

Antara    •    Minggu, 19 Jul 2015 08:16 WIB
penyerangan
Kapolda Kirim Dua Kompi ke Karubaga
Kapolda Papua Irjen Pol. Yotje Mende (kanan) melihat perlengkapan tempur pada pameran alutsista di Jayapura, Papua, Jumat (26/12). (Foto: ANTARA FOTO/Evarukdijati)

Metrotvnews.com, Jayapura: Kapolda Papua Irjen Pol Yotje Mende mengakui, dua kompi anggota kini dikirim ke Karubaga, pedalaman Papua, guna memperkuat pasukan yang ada di kawasan itu. Pasukan yang diperbantukan itu masing-masing berasal dari anggota Brimob dan TNI AD, aku Irjen Pol Mende di Jayapura, Sabtu (18/7/2015) petang.

Yotje menjelaskan, pengiriman pasukan ke Karubaga karena personel di Polres Tolikara hanya sekitar 100 orang. Walaupun kondisi sudah relatif kondusif namun aparat tetap berjaga-jaga.

Kapolda Papua mengakui, surat edaran dari Badan Pekerja Gereja Injili Di Indonesia (BP GIDI) diduga yang menyebabkan kerusuhan terjadi pada Jumat 17 Juli. Dalam pengamanan, kata dia, aparat sempat mengeluarkan tembakan peringatan.

Dia menjelaskan, tercatat 11 orang mengalami luka tembak dan satu di antaranya meninggal di RSUD Dok 2 Jayapura akibat luka tembak di bagian perut. Yotje menambahkan, dari laporan yang diterima, terungkap aksi pembakaran kios yang menyebabkan api juga membakar rumah ibadah yang ada di lokasi.

Dari keterangan yang diberikan Presiden GIDI Dorman Wandikbo terungkap aksi pembakaran yang dilakukan saat warga mengetahui ada korban luka tembak. Namun untuk memastikannya, kata Yotje, polisi akan menyelidikinya.


(OGI)