LTV Dilonggarkan, BSB: Tepat di Saat Properti Melambat

Angga Bratadharma    •    Minggu, 19 Jul 2015 09:59 WIB
aturan ltvbank syariah bukopin
LTV Dilonggarkan, BSB: Tepat di Saat Properti Melambat
Bank Syariah Bukopin (Foto: Dokumentasi Bank Syariah Bukopin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) yang telah melonggarkan kebijakan Loan to Value (LTV) di kredit pemilikan rumah (KPR) disambut baik oleh berbagai kalangan, termasuk PT Bank Syariah Bukopin (BSB). Kebijakan ini tepat untuk mengakselerasi pertumbuhan kredit properti.

Direktur Utama BSB Riyanto mengatakan, kebijakan BI yang melonggarkan LTV yang utamanya KPR atau pelonggaran uang muka sudah tepat. Kebijakan ini diharapkan memberi kemudahan bagi masyarakat membeli rumah.

"LTV itu bagus. LTV sudah tepat karena bisa mendorong kredit properti. Tapi, jangan terlalu cepat juga karena nanti malah berpotensi tidak baik juga," kata Riyanto, kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, Minggu (19/7/2015).

Riyanto tak menampik kebijakan pengetatan LTV yang sebelumnya sudah dilakukan membuat sejumlah perbankan mengetatkan pinggang. Kredit properti pun mengalami perlambatan. Hal itu terjadi seiring adanya potensi sektor properti mengalami bubble.

"Setahu saya penerapan LTV dalam rangka mengurangi agar jangan sampai bubble. Sekarang properti menurun ya harus didorong. LTV tepat karena instrument moneter untuk mengatur laju kecepatan ekspansi," pungkas Riyanto.


(ABD)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

4 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA