Jamaah Aboge di Probolinggo Salat Id Hari Ini

Rudi UIhaq    •    Minggu, 19 Jul 2015 10:18 WIB
lebaran 2015
Jamaah Aboge di Probolinggo Salat Id Hari Ini
Jamaah Aboge salat Idul Fitri--Foto: Antara/Adhitya Hendra

Metrotvnews.com, Probolinggo: Puluhan jamaah Aboge di Desa Leces, Kecamatan Leces baru melaksanakan salat Idul Fitri hari ini.

Mereka melaksanakan salat Id sekitar pukul 06.30 WIB di Masjid Al Barokah. Jamaah Aboge ini perpedoman pada kitab Mujarobah atau kitab Jawa kuno. Mereka berkeyakinan Idul Fitri jatuh pada Minggu wage (19/7/2015).

Aboge berarti tahun alif, sedangkan boge berarti Rabu Wage. Perhitungan Lebaran Aboge tahun ini adalah Waljiro atau satu Syawal yang jatuh pada hari yang loro atau tanggal kedua dari bulan Hijriyah. Sehingga Lebaran jemaah Aboge jatuh pada Minggu wage.

Usai menggelar salat Id, acara dilanjutkan dengan saling bermaafan antarwarga. Warga kemudian menggelar selamatan dengan makan tumpeng yang dibawa masing-masing warga. Acara terebut sekaligus sebagai wujud kebersamaan antar warga.

Ustadz Buri Bariyah, tokoh Aboge setempat mengatakan, perhitungan Aboge tidak selalu sama dengan perhitungan pemerintah yang jatuh pada hari Jumat kemarin.

Di Probolinggo ratusan jamaah aboge tersebar di tujuh desa dari empat kecamatan, di antaranya kecamatan Leces, Dringu, Bantaran, dan Kuripan.


(MBM)

Aset Novanto Terancam Disita KPK

Aset Novanto Terancam Disita KPK

1 hour Ago

Penyitaan dilakukan untuk membayar sisa uang pengganti kerugian negara atas korupsi KTP-el, yan…

BERITA LAINNYA