Warga Mulai Diungsikan Menjauh dari Gunung Gamalama

Burhanuddin Arsyad    •    Minggu, 19 Jul 2015 10:21 WIB
gunung gamalama meletus
Warga Mulai Diungsikan Menjauh dari Gunung Gamalama
Gunung Gamalama mengeluarkan abu vulkanik, Sabtu (18/7). Foto: MI/Burhanuddin Arsyad

Metrotvnews.com, Ternate: Sebanyak 868 warga Kelurahan Toloko, Ternate, Maluku Utara yang terkena guyuran debu vulkanik Gunung Gamalama diungsikan ke sejumlah lokasi yang aman di pusat kota Ternate. Pemerintah Kota ternate juga menetapkan siaga darurat bencana Gunung Api Gamalama selama 14 hari ke depan.

Warga yang dievakuasi umumnya anak-anak, perempuan, dan orang tua. Mereka diungsikan ke sejumlah titik, seperti di aula sanggar kegiatan belajar, aula Pangkalan TNI Angkatan Laut, aula SMKN 2, dan aula Kantor Dinas Perikanan.

"Evakuasi dilakukan karena warga di kelurahan tersebut sudah tidak bisa lagi beraktivitas akibat banyaknya debu vulkanik," kata Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman, semalam.

Pemerintah Kota Ternate mengerahkan 10 truk milik TNI dan Polri untuk mengangkut para pengungsi ini. Proses evakuasi ini dipantau langsung Burhan dan muspida Kota Ternate.

Rencananya pemerintah kota akan mengevakuasi lagi warga di Kelurahan Takome, Taduma, dan Togafo yang juga terkena guyuran debu vulkanik.


(UWA)