Demo Buruh 1 Mei Jangan Anarkis dan Blokir Jalan

- 23 April 2013 17:21 wib
ANTARA/Widodo S. Jusuf/ip
ANTARA/Widodo S. Jusuf/ip

Metrotvnews.com, Jakarta: Polda Metro Jaya mengimbau perayaan Hari Buruh Internasional pada 1 Mei nanti tidak berlangsung anarkis. Massa harus tertib dan tidak diperkenankan melakukan sweeping maupun blokir jalan tol.

Wakil Kepala Polda Metro Jaya Brigjen Sudjarno, mengatakan, kordinasi dengan elemen buruh maupun serikat pekerja ditiap perusahaan adalah prioritas untuk menciptakan tertibnya prosesi perayaan.

"Kepolisian intensif garap kesiapan May Day selama dua bulan terakhir ini. Kami fokus pada dua perintah Kapolda Metro Jaya, yaitu tidak melakukan sweeping ke perusahaan dan menutup jalan tol," kata dia usai menghadiri pertemuan dengan Badan Usaha Jasa Pengamanan Jakarta di Polda Metro Jaya, Selasa (23/4).

Sudjarno mengatakan, pihaknya akan lakukan kordinasi untuk antisipasi kedatangan massa dari luar Jakarta. Berapapun jumlah buruh yang datang akan tetap dilayani dengan pengawalan dari kepolisian.

"Sekarang sedang dikoordinasikan. Kapolda juga sedang rapat koordinasi terkait dengan kedatangan seperti buruh dari Jawa Barat dan Banten. Kita akan lakukan pengawalan, itu sudah protap kita."

Adapun terkait estimasi personil, lanjut dia, belum bisa dipastikan dan sedang dievaluasi. Petugas akan diterjunkan jika sudah diketahui jumlah massa yang ikut dalam unjuk rasa.

Ketua Umum Konfederasi Aliansi Serikat Buruh Indonesia, Nining Elitos mengaku aksi yang dikenal dengan "May Day" itu akan dihadiri oleh 10 ribu buruh yang berasal dari Bandung, Indramayu, Karawang dan Sumatera. (Golda Eksa)

()

SEKRETARIS Jenderal Partai Persatuan Pembangunan Romahurmuziy mengungkapkan forum Musyawarah Kerja Nasional…