Paksa Pemuda Merayap seperti Tentara, Oknum TNI Didemo Warga

Bambang Mujiono    •    Minggu, 19 Jul 2015 15:53 WIB
peristiwa unik
Paksa Pemuda Merayap seperti Tentara, Oknum TNI Didemo Warga
Ilustrasi merayap.

Metrotvnews.com, Brebes: Seorang oknum TNI yang sedang mudik di Desa Mundu, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, didemo warga setempat. Oknum TNI berinisial WO yang bertugas di salah satu kesatuan di Jawa Barat tersebut menghukum pemuda yang hendak tawuran di desa setempat dengan cara merayap seperti tentara sejauh satu kilometer

“Kami protes anak kami tidak terlibat tawuran dan anak kami bukan tentara, kok disuruh merayap seperti tentara? Emangnya dia komandan anak saya,” ucap Darpin yang disambut tepuk sorai pendemo yang memenuhi halaman Balai Desa Mundu, Tanjung Brebes, Minggu (19/7/2015).

Hal serupa diteriakkan Asmawi, 50, yang meminta oknum TNI bersangkutan diberi sanksi dan dipulangkan ke tempat tugasnya di Jabar. “Ini kampung bukan kamp militer, jadi kami minta Pak Tentara itu dipulangkan saja ke markasnya. Jangan hidup di kampung,” teriak Asmawi.

Peristiwa merayap paksa tersebut bermula saat WO mencoba melerai aksi tawuran antarpemuda di Desa Mundu dan Desa Lluwunggede, Kecamatan Tanjung, Jumat (16/7) Malam.

Namun sial, saat melerai salah satu kelompok pemuda yang terlibat tawuran mengira WO memihak salah satu kelompok lain, sehingga nyaris menjadi sasaran tawuran.

Merasa menjadi korban salah sasaran, oknum TNI itu memanggil kelompok pemuda yang berusaha mengeroyoknya dan menghukumnya dengan cara merayap seperti tentara.

Namun, aksi tersebut tidak diterima oleh orang tua pemuda hingga memunculkan aksi unjuk rasa di kantor balai desa setempat.

Kasus tersebut kini ditangani Kodim 0713/Brebes, aparat Polres Brebes, dan aparat desa setempat.


(UWA)