Industri Otomotif

Selamat Tinggal Kawasaki Ninja 150 cc 2-tak

Ekawan Raharja    •    Selasa, 21 Jul 2015 08:00 WIB
kawasaki
Selamat Tinggal Kawasaki Ninja 150 cc 2-tak
PT KMI mulai memberhentikan produksi Ninja 150 cc 2-tak di Indonesia. Kawasaki

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa bulan yang lalu berhembus isu yang mengabarkan Kawasaki Ninja 150 cc 2-tak akan segera diberhentikan produksinya. Kini isu tersebut telah menjadi nyata dan sang legenda kini telah diberhentikan produksinya.

Rulianti, Brand Manager PT Super Sukses Motor (SSM) Samarinda, telah membenarkan kabar tersebut. Dia menjelaskan bahwa Ninja 150 cc 2-tak kini sudah diberhentikan produksinya sejak Juli 2015.

"Ninja 150 cc 2 stroke pensiun karena tidak lulus uji EURO3. Selain itu tingkat kebisingan dan polusi akibat sisa bahan pembakaran menjadi faktor utama motor ini tidak lulus EURO3," jelas Rulianti pada Minggu, 19 Juli, saat dihubungi melalui telepon.

Motor sport asal Jepang ini sendiri diproduksi sejak 1996 hingga 2015, artinya 19 tahun diproduksi Kawasaki Indonesia. Padahal motor ini masih banyak diminati oleh masyarakat dan terbukti masih laku dijual hingga 5.000 unit perbulannya.

Motor yang identik dengan warna hijau ini menggunakan mesin berkapasitas 150 cc Two-stroke, Reedvalve, Liquid cooled, SuperKIPS, dan HSAS. Powernya diklaim tembus hingga 30 daya kuda dengan torsi hingga 21 Nm. Terakhir motor ini dibanderol dengan harga Rp38.800.000 (untuk wilayah Jadetabekser).

Bharata Prima W, Sales and Promotion Departement Marketing and Sales Division PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), pada beberapa bulan silam saat peluncuran New Kawasaki KLX150 pun mulai membeberkan mengenai pemberhentian produksi motor sport asal Jepang tersebut. Namun saat itu PT KMI masih mengusahakan agar Ninja 150 cc 20-tak bisa lolos uji emisi EURO3.

"Mungkin Juli nanti kita akan memberhentikan produksi Ninja RR jika motor tersebut tidak lulus uji emisi Euro 3. Saat ini sendiri berbagai penelitian tengah dilakukan agar motor dua tak tersebut bisa lulus uji emisi Euro3," ujar Bharata Prima W.

Selamat tinggal, Kawasaki Ninja 150 CC 2-tak!


(UDA)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA