Survei Otomotif

Generasi Muda Indonesia Gemar Cari Mobil Via Online

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 20 Jul 2015 17:33 WIB
mobil bekas
Generasi Muda Indonesia Gemar Cari Mobil Via Online
Pembelian mobil secara online didominasi kaum muda. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Jakarta: Perkembangan otomotif nasional yang cukup besar, meski pasar tengah menurun, menggelitik untuk diteliti. Apakah para orangtua ataukah generasi muda yang lebih sering mencari mobil secara online melalui situs-situs jual-beli?

Carmudi sebagai situs jual-beli kendaraan melakukan survei tersebut. Hasilnya generasi muda, usia 18-34 tahun, mendominasi pencarian sebanyak 34 persen. Ini berdasarkan jumlah pengunjung situs tersebut sampai bulan Mei 2015 sebanyak enam juta pengunjung.

Data yang didapatkan dari kantor-kantor situs tersebut di wilayah Jawa (Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya) terungkap bahwa pada bulan Mei 2015, pencarian mobil online sebanyak 34 persen dilakukan oleh generasi muda, diikuti oleh kalangan selanjutnya yang berusia 35-44 tahun (20 persen).

Hal ini tidak mengejutkan karena kenyamanan merupakan hal penting bagi generasi muda. Mereka menganggap belanja online mampu memberikan kenyamanan tersebut. Semakin terjangkaunya harga ponsel pintar membuat semakin banyak generasi muda yang terakses ke internet, meskipun secara penghasilan mereka masih lebih kecil dibandingkan generasi di atasnya yang lebih mapan.

Dengan perkiraan terdapat sekitar 1,8 miliar generasi muda di seluruh dunia, generasi inilah yang sejak lahir sudah langsung berinteraksi dengan dunia digital. Bagi mereka internet bukanlah hal yang asing, melainkan sebuah kebutuhan dan bahkan sudah menjadi norma yang tidak terpisahkan dari hidup keseharian.

"Perubahan karakter demografi di negara-negara berkembang sangat penting bagi industri otomotif. Semakin banyak yang akrab dengan teknologi ini. Kaum muda banyak menghabiskan uang mereka untuk membeli barang-barang konsumsi, dan antusias terhadap apapun yang berkaitan dengan perkembangan teknologi. Hal ini tentu saja sangat menggembirakan bagi kami yang bergerak di bidang perdagangan elektronik," kata Wouter van der Kolk, Managing Director Carmudi Indonesia.

Apakah Anda salah satu generasi muda ini?


(UDA)