Api Sudah Tak Terlihat di Gunung Guntur, Pemadaman Tetap akan Dilakukan

Renatha Swasty    •    Senin, 20 Jul 2015 08:24 WIB
kebakaran
Api Sudah Tak Terlihat di Gunung Guntur, Pemadaman Tetap akan Dilakukan
Ilustrasi sisa kebakaran - ANT/Joko Sulistyo

Metrotvnews.com, Jakarta: Api yang melahap kawasan Gunung Guntur, Garut, Jawa Barat sejak kemarin siang, sudah tak terlihat pagi ini. Namun, upaya pemadaman secara manual tetap akan dilakukan. 

"Kalau dari kejauahan, api sementara tidak terlihat hanya ada asap, tapi tidak tahu apakah itu kabut atau asap," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, Dadi Djakarya saat dihubungi Metrotvnews.com, Senin (20/7/2015) pagi. 

Kendati demikian, Dadi belum mau menyatakan jika api sudah 100 persen padam. Karena jelas Dadi bisa saja dari kejauhan hanya asap, tapi masih ada bara api di bagian bawah. 

Untuk itu, pagi ini sekira pukul 08.00 WIB akan diupayakan pemadaman secara manual. Titik api atau bara api yang masih menyala akan disiram dengan air.

"Upaya pemadaman dengan alat pompa yang dimiliki BKSDA, di sana ada selang air. Kita akan upayakan, karena ini harus padam kalau tidak padam khawatir merambat," pungkas Dadi.  

Sebelumnya, kawasan Gunung Guntur tepatnya di blok regeng hingga ke wilayah tapal kuda terbakar. Kebakaran terjadi di wilayah vegetasi semak kering. Diperkirakan kebakaran hingga 15ha. Belum diketahui penyebab kebakaran.

Saat kebakaran terjadi, ratusan pendaki tercatat berada di Gunung Guntur. Sebagian dari mereka sudah turun, namun sebagian lagi masih berada di atas. 



(REN)

Seluruh Bisnis Novanto Terancam Disita KPK

Seluruh Bisnis Novanto Terancam Disita KPK

4 hours Ago

Penyitaan akan dilakukan jika mantan Ketua DPR RI itu tidak dapat mengembalikan uang ganti rugi…

BERITA LAINNYA