Cari Tahu Jenis Siklus Menstruasi Anda

   •    Senin, 20 Jul 2015 10:27 WIB
kesehatan
Cari Tahu Jenis Siklus Menstruasi Anda
Ilustrasi (Foto: Getty Images)

Metrotvnews.com: Jadwal menstruasi setiap wanita tidaklah sama. Ada yang memiliki periode berat bahkan pendek. Tidak hanya itu, ada juga wanita yang melewatkan menstruasi setiap bulannya. Kenali lebih jauh jadwal menstruasi Anda, karena tiap siklus bisa jadi sebagai tanda adanya ketidakseimbangan tubuh Anda.

Tidak ada periode

Bisa menjadi tanda dari sindrom ovarium polikistik, disfungsi tiroid, berat badan dan Stres. Penyebab paling umum dari periode ini biasanya kehamilan atau menopause (gejalanya bisa dilihat dari perut kembung). Tapi, jika Anda masih terlalu muda untu menopause dan belum hamil, itu tandanya Anda memiliki masalah dengan tiroid, ketidakseimbangan hormonal yang menyebabkan kista tumbuh pada ovarium Anda, atau bahwa Anda hanya terlalu stres.

Kemungkinan penyebab lain Anda tidak mengalami periode itu karena berat badan Anda. "Seseorang yang kekurangan berat badan untuk tinggi badannya bisa memiliki periode karena tidak ada cukup lemak pada tubuhnya," kata Rima Mehta, MD, direktur ginekologi di Rumah Sakit Pennsylvania. Selain itu Rima juga menyarankan untuk sering memakan sandwich.

Akan tetapi apabila sampai jangka waktu 3 sampai 6 bulan Anda tidak menstruasi, segeralah konsultasikan dengan dokter Anda karena itu berbahaya bagi kesehatan.

Periode berat

Tanda dari periode jenis ini bisa jadi  fibroid, hemofilia, ketidakseimbangan hormon, dan darah Anda encer. Bagi kebanyakan wanita, periode dimulai berat dan kemudian berangsur-angsur berkurang menjelang akhir siklusnya.
 
Jika Anda mengalami hal ini, berarti Anda harus mengganti pembalut setiap beberapa jam. Jika Anda menemukan diri Anda mengganti pembalut atau tampon Anda ebih dari satu jam sekali atau jika Anda memiliki aliran mestruasi yang deras selama lebih dari tujuh hari, Anda melewati batas periode berat.

Menurut Aaron K. Styer, MD, seorang ahli endokrinologi reproduksi di Rumah Sakit Umum Massachusetts bagian Pusat Fertilitas dan Harvard Medical School, jika setiap periode menyebabkan Anda stres, berarti Anda memiliki terlalu banyak atau terlalu sedikit dari salah satu hormon yang mengatur menstruasi-estrogen dan progesteron-atau bahwa Anda memiliki fibroid.

Abnormal periode berat juga kadang-kadang efek samping dari KB non-hormonal seperti alat kontrasepsi dalam rahim. Selain itu, ini juga bisa menjadi tanda kanker rahim, meskipun itu jarang terjadi. 

Periode jarang

Periode jarang bisa menjadi tanda dari  fibroid, ketidakseimbangan hormonal dan polip. Siklus menstruasi normal terjadi dengan kurun waktu 21-35 hari dari awal periode Anda ke awal periode berikutnya. Ini benar-benar normal bagi wanita untuk memiliki sedikitnya sembilan periode dalam satu tahun.

Tetapi jika Anda telah melihat perubahan mendadak dalam menstruasi Anda, jangan terlalu khawatir. Itu karena perubahan usia Anda. Karena usia juga berperan penting dalam siklus menstruasi Anda. (Sumarni/Prevention)

Akan tetapi, Anda bisa periksakan ke dokter apabila Anda memiliki 8 atau lebih sedikit periode per tahun, atau jika siklus Anda selalu rutin tetapi Anda sudah menstruasi selama 3 bulan, maka perlu ditindaklanjuti dengan medis.

(ASA)


Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA