Perhatikan Kebersihan Makanan di Jalur Arus Balik

Fetry Wuryasti    •    Senin, 20 Jul 2015 12:45 WIB
mudik lebaran 2015
Perhatikan Kebersihan Makanan di Jalur Arus Balik
Pedagang menjajakan barang daganganya untuk pemudik. (Foto: Antara M Risyal Hidayat)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemudik yang akan balik dari kampung halaman ke Ibu Kota atau daeah lain diminta hati-hati mengkonsumsi makanan selama perjalanan. Sebab, diare dan sakit perut yang menjadi keluhan pemudik biasanya berasal dari makanan yang mereka konsumsi selama perjalanan.
 
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama mengatakan, rest area seringkali penuh, sehingga sulit mencari makanan yang terjamin kebersihannya di perjalanan.
 
"Kalau membeli makanan, perhatikan cara memasak makanan, kebersihan alat makan minum, tempat penyajian makanan, tempat membuang limbah makanan, makanan mentah seperti buah dan sayur harus benar-benar dicuci bersih, serta budayakan selalu cuci tangan pakai sabun baik sebelum makan dan juga sebelum mengolah makanan," kata Tjandra dalam surat elektroniknya, Senin (20/7/2015).
 
Menurutnya, istirahat dan tidur yang cukup di kampung halaman sangat diperlukan sebelum mengedarai kendaraan. “Siapkan makanan dan minuman untuk persediaan selama di perjalanan," ujar Tjandra.
 
Sekembalinya dari mudik, Tjandra menyarankan pemudik untuk memperbaiki pola makan agar sehat dan seimbang, serta melakukan olah raga teratur. "Bila perlu lakukan cek kesehatan atau laboratorium untuk melihat kemungkinan dampak kelelahan selama mudik. Ini juga penting, karena biasanya pola makan beberapa hari ini tidak terkontrol," tutup Tjandra.


(FZN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

4 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA