Kerugian Kebakaran Pasar Gedebage Belum Terdata

Roni Kurniawan    •    Senin, 20 Jul 2015 16:05 WIB
kebakaran pasar
Kerugian Kebakaran Pasar Gedebage Belum Terdata
Ilustrasi kebakaran. Foto: Antara/Iggoy El Fitra

Metrotvnews.com, Bandung: Kerugian dari peristiwa kebakaran yang menghanguskan 100 kios di Pasar Induk Gedebage, Kota Bandung, pada 20 Juli dini hari tadi, belum bisa dikalkulasi.

Perusahaan Daerah (PD) Pasar Bandung Bermartabat tengah berkoordinasi dengan pengelola pasar tersebut untuk memetakan berapa kerugian akibat hangusnya ratusan kios.

"Kita akan diskusi dengan PT Ginanjar Saputra selaku pengelola area yang terbakar," ujar Direktur Utama PD Pasar Bermartabat Kota Bandung, Rinal Siswadi, saat dihubungi, Senin (20/7/2015).

Rinal mengatakan, saat terjadi kebakaran, kondisi Pasar Induk Gedebage sedang tidak beroperasi karena sebagian pedagang mudik. Selain itu, barang dagangan yang hangus terbakar disinyalir hanya barang sisa dagangan.

"Sekarang kami sedang memetakan dan menghitung kerugian. Namun, tidak banyak stok barang. Hanya ada sisa-sisa setelah hari H (Idul Fitri)," tuturnya.

Rinal mengatakan para pedagang yang kiosnya ludes dilahap si jago merah tidak usah khawatir. Pasalnya, PD Pasar akan meminta pengelola pasar memberikan tempat usaha lagi.

"Kami sampaikan kepada pedagang tidak perlu khawatir. Kami sedang tangani untuk disediakan lapak lagi," tegasnya.

Pasar Gedebage yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, Bandung, Jawa Barat, terbakar sekitar pukul 02.22 WIB, Senin 20 Juli. Sebanyak ratusan kios ludes terbakar.


(UWA)