Hotel Yogyakarta Panen Order Saat Lebaran

Patricia Vicka    •    Senin, 20 Jul 2015 16:20 WIB
mudik lebaran 2015
Hotel Yogyakarta Panen Order Saat Lebaran
Salah satu hotel di Yogyakarta. Foto: Istimewa

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sejumlah hotel di Yogyakarta panen pesanan kamar. Beberapa bahkan sudah penuh hingga Rabu, 22 Juli.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Istijab Danunegoro mengatakan tingkat okupasi seluruh hotel di Yogyakarta selama libur Lebaran naik signifikan.

"Hotel ring satu yang berada di sekitar Malioboro terisi hampir 90 persen. Sedangkan ring dua terisi sekitar 70 persen," ujarnya, saat dihubungi Metrotvnews.com, di Yogyakarta, Senin (20/7/2015).

Sementara di ring tiga terisi hanya 50-60 persen. Secara keseluruhan tingkat okupansi hotel di DIY selama Lebaran sebesar 50-60 persen.

"Hampir semua kamar hotel sudah mulai dipesan sejak H-2 Lebaran hingga besok. Karena, Rabu, orang sudah masuk kerja," jelasnya.

Selain Malioboro, jalan Mangkubumi dan Prawirotaman adalah tempat favorit para pelancong untuk beristirahat.

Untuk harga, hanya sebagian hotel yang menaikkan tarif. "Hotel di sekitar Malioboro tarifnya naik 10-30 persen. Tapi, hotel tempat lain menerapkan harga tetap, namun tidak ada diskon," katanya.

Salah satu hotel di Malioboro yang menaikkan tarif adalah Ibis Style. Harga per kamar standar selama Lebaran dipatok Rp1,2 juta semalam. Padahal, di hari biasa, harga kamar paling murah ini Rp859 ribu.

"Harga Lebaran berlaku dari 16 sampai 26 Juli. Selama libur Lebaran, 90 persen kamar sudah dipesan. Hanya ada beberapa kamar standar yang tersisa," kata Anna, petugas Hotel Ibis Style.

Selama Lebaran, Malioboro selalu menjadi tempat favorit wisatawan untuk berbelanja dan jalan-jalan. Lebaran tahun ini diprediksi ada 1,6 juta wisatawan yang mengunjungi Yogyakarta.


(UWA)

KPK Diminta Segera Ungkap Nama Besar di Belakang Novanto

KPK Diminta Segera Ungkap Nama Besar di Belakang Novanto

2 hours Ago

Setelah vonis 15 tahun terhadap Setya Novanto diketuk, KPK diminta untuk segera mengungkap nama…

BERITA LAINNYA