Cuaca Buruk, Nelayan di Bawean Memilih Bikin Perahu Kalotok

Amaluddin    •    Senin, 20 Jul 2015 16:32 WIB
cuaca buruk
Cuaca Buruk, Nelayan di Bawean Memilih Bikin Perahu Kalotok
Kapal nelayan tak bisa berlayar karena cuaca buruk di Laut Bawean. Foto: MTVN/Amaluddin

Metrotvnews.com, Gresik: Aktivitas melaut para nelayan di Pulau Bawean, kabupaten Gresik, Jawa Timur, mandek akibat cuaca buruk sejak dua bulan terakhir (Juni-Juli).

Untuk mengisi kekosongan, mereka memilih membuat perahu kalotok yang terbuat dari bahan kayu yang biasa digunakan saat berburu ikan.

Meski demikian, tak banyak nelayan di Bawean bisa membuat kalotok tersebut. Pasalnya, butuh kemahiran khusus dalam membuatnya.

"Misalnya, pemilihan bahan kayu yang kuat agar perahu bisa kencang. Kemudian ukiran dan pemasangan kayunya juga," kata Hadori, salah satu tukang pembuat kalotok asal Desa Kepuh Teluk, Kecamatan Tambak, Bawean, Kabupaten Gresik, kepada Metrotvnews.com, Senin (20/7/2015).

Selain aktivitas melaut, kata Hadori, membuat kalotok sudah menjadi kesehariannya. "Sekarang cuaca sedang tidak bagus untuk melaut. Mengisi waktu, saya menyelesaikan kalotok yang sudah dibikinnya sejak dua bulan terakhir ini," katanya.

Menurut Hudori, cuaca laut yang buruk dengan angin kencang disertai terjangan gelombang membuat nelayan sulit menangkap ikan dalam jumlah banyak.

"Pada cuaca seperti sekarang ini biasanya ikan-ikan jarang muncul karena arus laut santer. Nelayan tidak melaut bukan karena takut, tapi ikannya susah ditangkap," tandasnya.


(UWA)