Roda Empat Dominasi Arus Balik di Jalan Yogyakarta-Solo

Patricia Vicka    •    Senin, 20 Jul 2015 16:59 WIB
mudik lebaran 2015
Roda Empat Dominasi Arus Balik di Jalan Yogyakarta-Solo
Penumpukan kendaraan di dekat lampu merah Bandara Adisucipto, Yogyakarta. Foto: MTVN/Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Arus balik pada H+3 Lebaran masih didominasi kendaraan roda empat, khususnya yang melintasi Jalan Yogyakarta-Solo. Beberapa titik di sepanjang jalan menuju Yogyakarta sudah mulai padat terutama di sekitar lampu lalu lintas.

"Tercatat ada sekitar 106 ribu kendaraan yang lewat, kemarin. Sebanyak 59.696 unit merupakan roda empat," ujar Srono, penjaga posko monitoring Dishubkominfo, di Yogyakarta, Senin (20/7/2015).

Kendaraan roda empat didominasi pelat B dan D. Sedangkan untuk kendaraan roda dua didominasi pelat Jawa Tengah. "Ada yang lewat sini mau wisata ke kota. Ada juga yang mau pulang," tuturnya.

Puncak arus balik pemudik diperkirakan akan terjadi malam nanti hingga esok malam. Pasalnya, cuti bersama akan berakhir pada Selasa 21 Juli.

"Pemudik lebih suka pulang di malam hari. Di sini kalau malam lebih ramai dibandingkan siang atau sore. Nanti malam sepertinya paling ramai kendaraan," pungkas Srono.

Pantauan Metrotvnews.com, kepadatan terjadi di sepanjang jalan Solo di wilayah Prambanan dan mendekati Bandara Adisucipto. Bahkan, di sekitar lampu merah terjadi kemacetan lalu lintas.

Polisi beberapa kali menarik arus dan mengalihkannya ke jalur alternatif untuk mengurangi penumpukan kendaraan.


(UWA)