Papua Diminta Jadi Percontohan Kerukunan Beragama

Misbahol Munir    •    Senin, 20 Jul 2015 18:21 WIB
penyerangandpr ads
Papua Diminta Jadi Percontohan Kerukunan Beragama
Politikus PKS Muhammad Yudi Kotouky--Foto: Istimewa

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah diminta menjadikan Papua sebagai daerah percontohan kerukunan beragama di Indonesia. Insiden Kerusuhan di Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua, Jumat 17 Juli kemarin harus dijadikan pelajaran agar tidak terulang.

Anggota DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Yudi Kotouky mengatakan, suasana kerukunan antar umat beragama yang telah terbangun baik di Papua dirusak oleh sekelompok orang saat Idul Fitri.

Yudi mengajak seluruh tokoh agama khususnya di Tolikara, melakukan rekonsiliasi agar tercipta kerukunan hidup beragama seperti sediakala.

"Mari bersama-bersama kita wujudkan Papua sebagai wilayah percontohan kerukunan hidup beragama yang baik di nusantara," kata Yudi Kotouky dalam keterangan tertulisnya, Senin (20/7/2015).

Dia mengajak seluruh umat Islam, khususnya masyarakat di Tolikara, untuk membangun kembali masjid, rumah, dan fasilitas yang rusak terbakar.

Politisi PKS asli Papua itu menambahkan, pemerintah dan aparat keamanan harus serius menegakkan hukum, mencari aktor intelektual dan menindak tegas pelakunya.

"Ini diperlukan untuk mencegah ekses negatif konflik horizontal yang lebih luas," ujar pria yang akrab disapa Muhay itu.

Muhay berharap, tokoh lintas agama serta umat Islam tetap tenang serta menciptakan suasana damai dan kondusif.

“Mari kita serahkan dan percayakan pada penegak hukum agar mengusutnya hingga tuntas," kata dia.


(MBM)

Vonis untuk Novanto (3)

Vonis untuk Novanto (3)

6 hours Ago

Skenario Setya Novanto untuk menghindarkan diri dari jerat KPK semakin jelas. Setidaknya itulah…

BERITA LAINNYA