Delman Lenggok-lenggok di Jantung Kota Bandung

Roni Kurniawan    •    Senin, 20 Jul 2015 20:11 WIB
mudik lebaran 2015
Delman Lenggok-lenggok di Jantung Kota Bandung
Delman sedang mengantar wisatawan mengitari Kota Bandung. Foto: MTVN/Roni

Metrotvnews.com, Bandung: Ratusan warga menghabiskan waktu liburan Lebaran dengan berkunjung ke beberapa tempat wisata di Kota Bandung. Salah satunya kawasan Taman Alun-alun Bandung. Bahkan, puluhan delman pun berjejeran siap mengantar para wisatawan untuk berkeliling di sekitar jantung kota tersebut.

Berdasarkan pantauan Metrotvnews.com, delman dadakan terparkir di bahu Jalan Alun-alun Timur menunggu para wisatawan yang hendak berkeliling Kota Bandung. Salah satu kusir, Alo, menuturkan dalam satu hari keuntungan bersih yang diraup mencapai Rp200 ribu.

"Di sini sudah dari Jumat. Alhamdulillah, sehari bisa dapet Rp200 ribu bersihnya," ujar pria 45 tahun ini saat ditemui Metrotvnews.com, di Jalan Alun-alun Timur, Bandung, kemarin.

Kereta berkuda tersebut didapatkan di daerah Soreang dan Majalaya, Kabupaten Bandung. Setiap hari ia harus menyetorkan uang sebesar Rp25 ribu sebagai tanda sewa delman tersebut. Jumlah yang disetorkan tersebut, lanjutnya, di luar dari pemeliharaan kuda.

"Kalau setor sehari hanya Rp25 ribu. Itu di luar rumput untuk makan kuda. Terus juga bersih-bersih delmannya," tuturnya.

Sementara itu, tarif yang ia kenakan untuk wisatawan yang hendak naik yakni Rp5 ribu per orang untuk mengitari Jalan Alun-alun Timur, Jalan Banceuy, Jalan Braga Pendek, dan Jalan Asia Afrika.

Sedangkan delman tersebut sanggup menampung lima penumpang. "Bayarnya Rp5 ribu satu orang. Kalau rombongan Rp25 ribu," imbuhnya.

Kehadiran delman di pusat kota begitu dinikmati wisatawan. Puri, 27, bersama adik serta sepupunya terlihat gembira usai naik delman mengitari ruas jalanan Kota Bandung.

"Abis naik delman tadi. Muter-muter ke sana (sambil menunjuk ke arah Jalan Asia Afrika). Iya, ini bawa adik sama sepupu sekalian liburan juga mereka dari Sukabumi," ujar mojang asli Bandung itu.


(UWA)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA