Bom Melanda Turki, 28 Jiwa Tewas

Fajar Nugraha    •    Senin, 20 Jul 2015 21:41 WIB
turki
Bom Melanda Turki, 28 Jiwa Tewas
ilustrasi bahan peledak (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Suruc: Ledakan terjadi di sebuah kota perbatasan di Turki. Insiden ini menewaskan 28 orang.

Selain menewaskan 28 orang, ledakan tersebut juga melukai 100 orang lainnya. Laporan menyebutkan bahwa ledakan di Kota Suruc itu, bisa jadi merupakan ulah kelompok militan Islamic State (ISIS).

Video dari sebuah televisi setempat memperlihatkan, sekumpulan manusia dalam jumlah besar berdiri di belakang spanduk Socialist Youth Associations Federation (SGDF). Tiba-tiba ledakan terjadi dan memporak porandakan lokasi tersebut.

Menurut pengacara dari partai oposisi Kurdi, HDP, Pervin Buldan mengatakan, pemuda Kurdi dan Turki tengah bersiap untuk pergi ke Kobane. Mereka akan melakukan pekerjaan kemanusiaan di kota yang berbatasan dengan Suriah itu.

Kobane baru saja dikuasai kembali oleh pejuang Kurdi di Suriah Juni lalu, setelah serangan gagal yang dilakukan oleh ISIS. ISIS sempat mengepung kota itu, namun kemudian dipukul mundur oleh pasukan Kurdi dan pasukan Free Syrian Army.

Buldan pun menambahkan bahwa pejabat setempat tengah menyelidiki bahwa ledakan itu berasal dari bom bunuh diri. Saksi pun menceritakan kondisi lokasi usai ledakan.

"Saya melihat lebih dari 20 mayat. Sepertinya korban terluka mencapai lebih dari 50 orang. Mereka dibawa ke ambulans," ucap seorang saksi, seperti dikutip Reuters, Senin (20/7/2015).

"Ledakannya sangat kuat, kami semua terkejut," lanjutnya.

Seorang pejabat Turki mengatakan ISIS sepertinya berada di balik kejadian ini. Serangan tersebut merupakan bagian aksi balas dendam atas upaya Pemerintah Turki untuk melawan teroris.


(FJR)