FIA Pensiunkan Nomor 17 Demi Bianchi

Kautsar Halim    •    Senin, 20 Jul 2015 22:18 WIB
f1
FIA Pensiunkan Nomor 17 Demi Bianchi
Mobil nomor 17 yang digunakan pembalap tim Marussia Jules Bianchi (AP Photo/Pavel Golovkin)

Metrotvnews.com: Federasi Otomobil Internasional (FIA) resmi meniadakan angka 17 sebagai nomor mobil Formula 1. Hal itu sengaja mereka lakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap Jules Bianchi yang akhirnya tewas setelah melakoni GP Jepang 2014.

Bianchi yang merupakan pembalap tim Marussia akhirnya meninggal dunia setelah koma sembilan bulan pasca kecelakaan di GP Jepang 2014. Dalam kecelakaan itu kepalanya terluka parah setelah mobilnya menabrak traktor pengaman kendaraan yang berada di pinggir lintasan. Saking parahnya dampak kecelakaan itu, Bianchi pun sempat dibawa menggunakan helikopter untuk memperoleh perawatan darurat.

Turut bersimpati dengan insiden yang menimpa Bianchi, FIA pun mencoba memberikan kontribusi dengan membuat peraturan baru. Mereka meyakini nomor mobil tiap pembalap memiliki arti penting secara pribadi dan bisa dijadikan sebagai bentuk penghormatan.

"Seperti nomor mobil F1 lainnya yang dipilih secara pribadi oleh masing-masing pengemudinya. FIA meyakini, kejadian ini adalah sebuah isyarat untuk mengistirahatkan nomor 17," tulis pernyataan FIA.

Prosesi pemakaman Bianchi sudah dijadwalkan berlangsung pada Selasa 21 Juli waktu setempat. Ia akan dimakamkan di kampung halamannya, Nice, Prancis. (gpupdate.net)


(KAU)