Polda Metro: Kenakalan Remaja Sepanjang Ramadan Meningkat

Intan fauzi    •    Selasa, 21 Jul 2015 07:49 WIB
kejahatan
Polda Metro: Kenakalan Remaja Sepanjang Ramadan Meningkat
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Muhammad Iqbal/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Muhammad Iqbal menyebut tindak kenakalan remaja sepanjang bulan Ramadan kemarin mengalami peningkatan. Peningkatan terjadi akibat adanya perubahan pola kehidupan masyarakat di bulan Ramadan.

"Memang pada momen Ramadan dan pasca Idul Fitri kenakalan remaja ada peningkatan. Ada pola perubahan kehidupan sosial pada Ramadan karena banyak yang keluar pada subuh sahur, seperti menimbulkan tawuran," kata Iqbal dalam Bincang Pagi Metro TV, Selasa (21/7/2015).

Selain itu, lanjut Iqbal, ada pula kenakalan remaja yang cenderung pada tindak kriminal seperti pencurian. "Ada pula kenakalan remaja yang cenderung pada kriminal, beberapa kasus menonjol seperti di Depok, Klender, Cipayung Lubang Buaya. Pelaku relatif remaja usia 17 tahun," terang Iqbal.

Seperti diketahui, akhir-akhir ini banyak kasus tindak kriminal yang dilakukan oleh remaja atau anak-anak usia di bawah umur. Baru-baru ini, pembunuhan seorang wartawati, Noerbaety Rofiq (44) yang terjadi di Bogor dilakukan oleh empat orang remaja berusia antara 20 hingga 25 tahun. Sebelumnya pula, banyak aksi pembegalan dimana para pelaku didominasi oleh remaja.

Iqbal berharap, selain tindakan penegakan hukum yang bersifat preemtif dan preventif dari pihak kepolisian, lingkungan keluarga dan tetangga dari si anak dapat membantu mendidik pola pikir mereka.

"Bukan hanya melakukan proses pendidikan, tetapi lingkungannya betul-betul diteliti mulai orang tua lalu tetangganya mendidik remaja tersebut. Kepolisian tetap maksimal melakukan penegakan hukum, tetapi tindakan preemtif perlu dari hulunya agar tindakan kenakalan remaja tidak meningkat," tegasnya.
 


(OJE)