IMF Tunjuk Kepala Ekonom Baru

Antara    •    Selasa, 21 Jul 2015 08:52 WIB
imf
IMF Tunjuk Kepala Ekonom Baru
Profesor Maurice Obstfeld sebagai Penasihat Ekonomi dan Direktur Departemen Penelitian IMF. FOTO: Gedung Putih

Metrotvnews.com, Washington: Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde pada Senin mengumumkan penunjukan Profesor Maurice Obstfeld sebagai Penasihat Ekonomi dan Direktur Departemen Penelitian IMF.

Seperti dilansir dari Xinhua, Selasa (21/7/2015), Obstfeld menggantikan Olivier Blanchard, yang pensiun dan telah diumumkan sebelumnya. Dia diperkirakan akan mulai berkarya di IMF pada 8 September 2015.

"Saya senang Maurice telah bergabung dengan kami di IMF. Kemampuan akademisnya yang luar biasa dan pengalaman internasional yang luas membuatnya sangat baik ditempatkan untuk memberikan kepemimpinan intelektual kepada IMF pada saat penting ini," kata Lagarde dalam sebuah pernyataan.

"Dia dikenal di seluruh dunia untuk karyanya tentang ekonomi internasional dan dianggap salah seorang pakar makroekonomi yang paling berpengaruh di dunia," tambahnya.

Seorang profesor ekonomi dan mantan ketua Departemen Ekonomi di University of California, Berkeley, Obstfeld telah menasehati banyak pemerintah dan menjadi konsultan pada bank-bank sentral di seluruh dunia. Saat ini ia adalah anggota Dewan Penasihat Ekonomi Presiden AS Barack Obama, dan cuti dari Berkeley.

Obstfeld adalah penulis bersama dua buku teks seminal tentang ekonomi internasional, Yayasan Makroekonomi Internasional dengan mantan Penasihat Ekonomi IMF Kenneth Rogoff, dan Ekonomi Internasional dengan Paul Krugman dan Marc Melitz, serta lebih dari 100 artikel penelitian tentang nilai tukar, krisis keuangan internasional, pasar modal global dan kebijakan moneter.

Dia menerima gelar Ph.D. Ekonomi dari MIT pada 1979 setelah mendapatkan gelar BA dari University of Pennsylvania dan MA dari Universitas Cambridge. Dia bergabung dengan Berkeley pada 1989 sebagai seorang profesor. Dia juga seorang profesor tamu di Harvard 1989-1991. Selain itu, dia juga seorang peneliti di IMF pada empat kesempatan terpisah, terakhir pada 2012.

"Posisi Konselor Ekonomi sangat penting untuk kemampuan IMF memberikan keanggotaan globalnya dengan analisis independen dan saran kebijakan sebaik mungkin. Saya yakin bahwa kami telah menemukan calon yang luar biasa pada Maurice untuk mengambil pekerjaan ini ke depan," kata Lagarde dalam pernyataan.


(AHL)