Bank Kembali Dibuka, Yunani Mulai Cicil Utang

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 21 Jul 2015 09:18 WIB
ekonomi yunani
Bank Kembali Dibuka, Yunani Mulai Cicil Utang
Sejumlah warga Yunani sedang mengantre untuk mengambil uang di bank. FOTO: AFP PHOTO / ARIS MESSINIS

Metrotvnews.com, Athena: Yunani kembali membuka bank pada Senin sebagai tanda kembali normalnya kondisi negara tersebut setelah kesepakatan minggu lalu untuk menyetujui paket reformasi bailout baru.

Peningkatan pajak pertambahan nilai yang disepakati di bawah syarat bailout juga mengambil efek, dengan PPN pada makanan olahan dan transportasi umum melompat ke 23 persen dari 13 persen. Pasar saham tetap ditutup sampai pemberitahuan lebih lanjut.

"Ini adalah kemajuan positif ketika bank sudah buka, meskipun efek psikologisnya bagi warga melebihi apa pun. Karena jujur tidak banyak perubahan mengingat kontrol modal masih di tempat," ujar seorang pensiunan, Nikos Koulopoulos seperti dikutip dari Reuters, Selasa (21/7/2015).

Sebelumnya, penutupan bank menjadi tanda paling jelas dari krisis yang terjadi di Yunani, di mana saat itu Yunani di ambang untuk meninggalkan euro pada awal bulan ini karena berpotensi merusak fondasi mata uang tunggal Eropa.

Usai dibuka, pihak bank tetap membatasi penarikan uang sebesar 420 euro (USD455) per minggu bukan 60 euro per hari sebelumnya. Namun pembayaran dan transfer rekening ke luar negeri masih belum memungkinkan. Warga Yunani juga dapat menyimpan cek tapi tidak tunai, membayar tagihan, serta memiliki akses ke kotak penyimpanan yang aman dan menarik uang tanpa kartu ATM.

"Kontrol modal dan pembatasan penarikan akan tetap di tempat tapi kita memasuki tahap baru yang kita semua berharap akan menjadi salah satu normalitas," kata Kepala Asosiasi Perbankan Yunani, Louka Katseli.

Yunani juga mulai menyelesaikan utang pokok dan bunga sebesar 4,2 miliar euro kepada Bank Sentral Eropa setelah pihak berwenang Eropa sepakat untuk memberikan bantuan dana darurat. Selain itu, Yunani juga membayar 2,05 miliar euro kepada Dana Moneter Internasional (IMF) sebagai tunggakan sejak 30 Juni, dengan 500 juta euro berutang kepada Bank of Greece.


(AHL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA