Semester I-2015, Investasi Sumsel Capai Rp9,26 Triliun

Antara    •    Selasa, 21 Jul 2015 10:48 WIB
investasi
Semester I-2015, Investasi Sumsel Capai Rp9,26 Triliun
Ilustrasi (MI/RAMDANI)

Metrotvnews.com, Palembang: Realisasi investasi Sumatera Selatan (Sumsel) hingga semester I-2015 tercatat telah mencapai Rp9,26 triliun atau baru sekitar 49 persen dari target yang ditetapkan. Diharapkan, angka tersebut terus meningkat dari waktu ke waktu.

Kepala Badan Promosi dan Perizinan Penanaman Modal Daerah Provinsi Sumsel Maulan A menjelaskan, dari realisasi tersebut, yang terbesar masih dari penanam modal asing yang mencapai angka Rp7,29 triliun.

"Sementara itu, sisanya penanam modal dalam negeri dari 39 perusahaan yang ada," ungkapnya, di Palembang, Selasa (21/7/2015).

Investasi tersebut, lanjut dia, didongkrak dari sektor pertambangan, kelapa sawit, dan industri pengolahan, serta lainnya. Dengan adanya investasi tersebut, relatif banyak menyerap tenaga kerja, termasuk tenaga kerja dalam negeri yang saat ini sangat diutamakan.

Ia menjelaskan, perekonomian Sumsel memang masih ditopang dari komoditas unggulan, seperti karet dan kepala sawit. Namun, untuk mengantisipasi agar pertumbuhan ekonomi supaya semakin baik, pihaknya terus mengembangkan produk hilirisasi.

Menurutnya, ini menjadi penting karena hilirisasi juga dapat memberdayakan ekonomi kerakyatan. Selain itu, masih kata dia, juga dapat menyerap tenaga kerja lokal sehingga hal tersebut terus didorong agar semakin berkembang.


(ABD)