Ini yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menjadi Vegetarian

   •    Selasa, 21 Jul 2015 11:40 WIB
kesehatan
Ini yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menjadi Vegetarian
Foto: protothema.gr

Metrotvnews.com: Berubah haluan secara mendadak dari pemakan daging hingga menjadi seorang vegetarian akan mendatangkan beberapa masalah kesehatan yang harus Anda hadapi. Secara bertahap, tubuh Anda akan mulai kekurangan zat besi, protein dan bahkan kalsium.

Anda harus mempertimbangkan dengan baik untuk mengganti makanan vegetarian yang sehat untuk menjaga keseimbangan protein dan nutrisi yang utuh dalam tubuh. Dan berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangankan sebelum Anda memutuskan menjadi vegetarian.

- Asupan zat besi
Menjadi seorang vegetarian, Anda harus lebih peduli tentang asupan zat besi Anda. Makanan non-vegetarian mengandung lebih banyak zat besi daripada sayuran. Tetapi selain sayuran, para vegetarian bisa mencoba memakan sereal, kacang-kacangan dan biji-bijian. Zat besi yang didapatkan akan setara dengan makanan non-vegetarian untuk tubuh Anda. Dan juga disarankan, untuk mendapatkan zat besi secara maksimal, Anda tidak boleh minum kopi, teh dan cokelat.

- Vitamin
Ketika Anda memutuskan menjadi vegetarian, fokuslah pada makanan-makanan yang tinggi akan vitamin D dan vitamin B12. Selain itu, Anda juga bisa memperhatikan makanan yang memiliki asupan kalsium.

- Smoothies
Untuk menjaga keseimbangan serat dalam tubuh, Anda dianjurkan mengkonsumsi smoothie daripada jus buah. Selain bisa membuat kenyang, serat yang kita makan dalam smoothies sangat baik untuk sistem pencernaan.

- Protein alami
Adalah aman untuk memilih sumber alami protein dalam smoothie daripada bubuk yang diolah secara kimia. Anda juga perlu tahu berapa jumlah protein yang Anda butuhkan. Semakin aktif Anda, semakin banyak protein yang Anda butuhkan.

- Menghindari susu
Apabila Anda seorang vegetarian, sudah pasti Anda akan melewatkan segala jenis produk susu untuk non-vegetarian. Jika Anda benar-benar tidak minum susu, ada sumber kalsium lain yang dapat Anda konsumsi, seperti sayuran hijau, kacang kedelai, kacang putih, biji wijen, buah-buahan kering, dan sebagainya.

- Sayuran
Dianjurkan untuk lebih berhati-hati dalam mengolah makanan untuk menjaga agar kandungan gizinya tidak sampai hilang. Jangan memasak sayuran hingga mendidih terlalu lama atau menggorengnya. Anda dianjurkan untuk merebus atau mengukus makanan. (Sumarni/ Boldsky)

 


(AWP)