Korut Tak Tertarik Kesepakatan Nuklir Seperti Iran

Fajar Nugraha    •    Selasa, 21 Jul 2015 12:56 WIB
korea utara
Korut Tak Tertarik Kesepakatan Nuklir Seperti Iran
Negosiasi nuklir Iran di Wina, Austria (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Seoul: Korea Utara (Korut) menolak untuk melakukan dialog mengenai nuklir seperti yang dilakukan Iran dengan kekuatan besar di dunia.

Menurut Korut, pihaknya tidak akan pernah melucuti kemampuan nuklir. Bagi mereka dialog dengan Amerika Serikat (AS) terkait ini tidak mungkin dilakukan.

"Tidak logis untuk membandingkan situasi nuklir Iran, karena kami selalu menjadi subyek provokasi militer AS. Ini termasuk dengan latihan militer gabungan dan ancaman nuklir," pernyataan pihak Kementerian Luar Negeri Korsel, seperti dikutip Reuters, Selasa (21/7/2015).

"Kami tidak tertarik dengan dialog untuk membekukan ataupun melucuti nuklir yang kami miliki," tegasnya.

Kesepakatan itu dicapai antara Iran pada 14 Juli 2015 di Wina, Austria. Saat itu Iran dan negara-negara anggota P5+1 (Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Rusia, Tiongkok, Jerman) melakukan pertemuan mengenai Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) program nuklir Iran.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, Iran akan mendapatkan bantuan sebesar USD18 miliar asalkan mereka melucuti dua per tiga mesin sentrifugalnya. Perjanjian juga meliputi surat protes jika Iran gagal untuk melucuti mesin miliknya dalam waktu 65 hari dan sanksi awal pun kembali diberlakukan.

Sementara atas bantuan itu, Iran akan membuka diri untuk mengizinkan pengawas dari PBB agar lokasi militernya diperiksa. Namun para pengawas ini tidak mendapatkan jaminan akan meraih akses tersebut.

Puluhan ribu warga Iran memenuhi jalanan di kota-kota besar negara itu. Mereka merayakan kesepakatan nuklir tersebut.


(FJR)