Ini Perbedaan Kondisi Tol Cipali Saat Arus Mudik dan Arus Balik

Sobih AW Adnan    •    Selasa, 21 Jul 2015 15:13 WIB
mudik lebaran 2015kemenpu ads
Ini Perbedaan Kondisi Tol Cipali Saat Arus Mudik dan Arus Balik
Kendaraan arus balik di tol Cipali masih ramai lancar. Foto: MTVN/Sobih

Metrotvnews.com, Cirebon: Penanggung jawab pintu tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Inda Zakaria, menjelaskan perbedaan kondisi jalur saat arus mudik dan arus balik saat momen Lebaran ini.

Menurutnya, jadwal yang cenderung tidak bersamaan menjadikan jalur tol lebih lengang sehingga berpotensi membuat para pengendara melaju dengan kecepatan tinggi.

"Oleh karena itu, kami imbau para pengendara agar menjaga kecepatannya jangan sampai melebihi 100 kilometer per jam agar tidak terjadi kecelakaan," kata Inda, Selasa (21/7/2015).

Selain itu, kata Inda, belajar dari arus mudik yang lalu, hendaknya para pengemudi memanfaatkan area istirahat yang tersedia guna menghilangkan lelah saat berkendara.

"Penyebab kecelakaan saat mudik kemarin juga banyak yang disebabkan oleh kondisi sopir yang kelelahan dan ngantuk. Maka saat arus balik ini kami sarankan pengendara memanfaatkan rest area yang tersedia. Mulai hari ini semua rest area sudah kembali dibuka untuk para pengendara," jelasnya.

Bagi para pengendara, lanjut Inda, penting juga untuk memahami dan menaati rambu-rambu yang berlaku. Ia juga menyarankan agar para pengendara memberikan tanda berupa sinyal lampu jika hendak melambatkan kendaraannya.

"Jika tiba-tiba terpaksa harus melambat dan menepi jangan lupa kasih isyarat lampu," tegas Inda.

Pada hari ini, tercatat sebanyak 13 ribu kendaraan kembali ke Jakarta melalui Tol Cipali. Ia memprediksikan puncak arus balik akan terjadi sore ini hingga H+5 besok.

"Mungkin juga semakin sore semakin ramai. Malam hari biasanya terjadi lonjakan yang cukup banyak," katanya.


(UWA)

Hakim Tolak Eksepsi KPK

Hakim Tolak Eksepsi KPK

42 minutes Ago

Itu berarti, proses praperadilan terhadap Novanto bakal dilanjutkan ke tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA