Tips Mobil

Prioritaskan Ganti Ban Belakang, jika Dana Terbatas!

Ekawan Raharja    •    Jumat, 24 Jul 2015 08:43 WIB
tips mobil
Prioritaskan Ganti Ban Belakang, jika Dana Terbatas!
Utamakan mengganti ban belakang jika dana untuk membeli ban terbatas. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekembalinya dari perjalanan jarak jauh tentu saja mobil harus diperiksa, terutama bagian ban. Namun jika dana terbatas saat hendak mengganti ban, harus tahu prioritas penggantian ban, agar kendaraan tetap nyaman digunakan.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center, mengajurkan untuk mengganti ban belakang terlebih dahulu jika dana terbatas. Hal ini tentu saja berkaitan dengan keamanan saat mengemudi mobil di jalan.

"Kalau dana terbatas cuma bisa beli dua ban, utamakan pasang di belakang. Ban baru pembuangan airnya masih bagus. Kalau taruh didepan, maka air akan terbuang kebelakang. Jika ban belakang pembuangan airnya tidak bagus maka terjadi over-steer," terang Marcell saat memberikan materi safety driving di hadapan komunitas mobil di Sunter Jakarta.

Selain itu, ban depan pun biasanya dilengkapi dengan pengereman jenis cakram dan daya cengkramnya bagus. Jika ban di depan daya cengkramnya bagus saat dipakai dan di belakang yang mengandalkan rem tromol kurang menggigit, bisa terjadi over-steer juga.

Tentu saja ini bisa menjadi pertimbangan saat hendak mengganti ban dengan dana terbatas. Selamat mencoba.


(UDA)