Tips Mobil

Pakai Lampu HID, Ternyata juga Banyak Sisi Negatifnya!

Ekawan Raharja    •    Rabu, 22 Jul 2015 06:19 WIB
tips mobil
Pakai Lampu HID, Ternyata juga Banyak Sisi Negatifnya!
lampu HID ternyata sangat berbahaya ketika digunakan saat kondisi hujan. cheapestcarparts

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat ini banyak pengemudi mobil yang mengganti lampu mobilnya dengan lampu High-intensity discharge (HID). Meski lebih terang, ternyata lampu HID cukup berbahaya saat dipakai di mobil kesayangan.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center, menjelaskan bahwa meski lampu HID lebih terang namun lampu ini kurang baik saat hujan. Ketika lampu/penerangan tidak dapat digunakan dengan baik maka prosentasi risiko kecelakaan pun meningkat.

"Kelemahan lampu HID adalah tidak bisa menembus air hujan. Ketika lampu tidak dapat berfungsi dengan baik maka resiko kecelakaan pun meningkat 20 persen," tegas Marcell saat ditemui di Sunter Jakarta.

Selain itu lampu HID memiliki suhu yang lebih panas. Jika dibiarkan terlalu lama maka bisa-bisa lampu HID melelehkan rumah lampu dan efeknya sangat berbahaya.

Pria yang menggeluti dunia safety driving ini pun menyarankan agar pengemudi menggunakan lampu yang sudah ditentukan oleh pabrikan. Selain karena efeknya yang sudah diuji, lampu bawaan pun lebih aman digunakan untuk berkendara.

Hal ini bisa jadi pertimbangan pemilik mobil yang ingin mengganti lampu mobil kesayangannya dengan jenis HID. Pilihan kini ada di tangan pemilik kendaraan.


(UDA)

Lokasi Sidang Praperadilan Novanto Dijaga Ketat

Lokasi Sidang Praperadilan Novanto Dijaga Ketat

35 minutes Ago

Tak sembarang orang bisa masuk ke lokasi sidang praperadilan Ketua  DPR Setya Novanto itu.…

BERITA LAINNYA