Usai Lebaran, Warga Jayapura Mulai Jual Emas

Antara    •    Selasa, 21 Jul 2015 16:19 WIB
emas
Usai Lebaran, Warga Jayapura Mulai Jual Emas
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Metrotvnews.com, Jayapura: Setelah Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah dilewati, banyak warga di Kota Jayapura melakukan penjualan emasnya ke sejumlah toko emas. Dalam kesempatan ini, pembelian emas justru berkurang dan porsinya terbilang kecil.

Pemilik Toko Emas Laju, Jumadi, mengatakan saat ini transaksi jual beli emas di tokonya didominasi penjualan emas yang dilakukan masyarakat. Hal ini dilakukan oleh masyarakat setelah Lebaran selesai.

"Sekarang paling banyak orang yang datang ke sini untuk jual emasnya. Sedikit sekali yang beli emas," ujarnya, di Jayapura, Selasa (21/7/2015).

Hal ini, menurut Jumadi, sudah rutin terjadi tiap tahun di setiap selesainya perayaan hari besar keagamaan. "Ini sudah jadi kecenderungan setiap tahun. Selesai Lebaran atau Natal pasti mayarakat banyak jual emasnya," jelasnya.

Sebelum Lebaran, ungkap Jumadi, justru terjadi peningkatan pembelian emas oleh masyarakat yang angkanya cukup besar. Transaksi pembelian ini terbilang tinggi bila dibandingkan dengan transaksi di hari biasanya.

"Sejak seminggu sebelum Lebaran banyak sekali yang datang beli emas. Dibandingkan hari biasa peningkatannya bisa sampai 70 persen," ujarnya, seraya menambahkan untuk harga emas sudah dua hari mengalami penurunan, dari yang sebelumnya Rp505 ribu per gram, kini menjadi Rp490 ribu per gram.


(ABD)