Kerusuhan Tolikara, Djan Faridz: Butuh Rp1,3 Miliar untuk Perbaiki Bangunan

Ilham wibowo    •    Selasa, 21 Jul 2015 17:01 WIB
penyerangan
Kerusuhan Tolikara, Djan Faridz: Butuh Rp1,3 Miliar untuk Perbaiki Bangunan
Ketua Umum PPP versi Muktamar Jakarta Djan Faridz. (Foto: MI/M Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Dana yang dibutuhkan untuk memperbaiki bangunan dan musala yang terbakar akibat kerusuhan di Tolikara, Papua diprediksi mencapai Rp1,3 miliar. Dengan asumsi memperbaiki 60 rumah dan satu musala.
 
“Kalau ditotal semua Rp1,3 miliar. Tiap rumah Rp20 juta dan satu musala Rp100 juta. Uang itu cukup untuk membantu merenovasi rumah rata-rata tipe 21,” kata Ketua Umum PPP versi Muktamar Jakarta Djan Faridz, di Kantor Dewan Pimpinan Pusat PPP, Jakarta Pusat, Selasa (21/7/2015).
 
Mantan Menteri Perumahan Rakyat itu akan ke Tolikara untuk menyampaikan bantuan kepada korban yang rumahnya dibakar sebagai bentuk keprihatinan terhadap umat sesama muslim.
 
"Kami sudah siapkan bantuan. Musala akan diupayakan untuk ditingkatkan menjadi masjid. Kami juga sudah ajak partai yang tergabung di KMP. Untuk saat ini yang sudah konfirmasi adalah Gerindra. Besok saya akan hubungi Pak Zul (Ketum PAN Zulkifli Hasan) untuk ikut membantu," ujarnya.
 
Bantuan ini akan diberikan langsung secara simbolik berupa buku tabungan kepada para korban. Nama-nama korban telah dicantumkan dalam buku tabungan. Rekening itu disiapkan PPP kerja sama dengan bank daerah setempat.
 
Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal PPP Dimyati Natakusumah menyampaikan rasa prihatin terhadap kejadian itu. Ia menyesalkan pemerintah tidak mendeteksi sejak dini potensi kericuhan.
 
"Kami minta semua pihak waspada, terutama terkait Papua. Jangan sampai keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercabik. Tetap menjaga toleransi," tuturnya.


(FZN)