Pulihkan Situasi di Tolikara, Mendagri Letakkan Batu Pertama Bangun Musala

Ricardo Hutahaean    •    Selasa, 21 Jul 2015 17:22 WIB
penyerangan
Pulihkan Situasi di Tolikara, Mendagri Letakkan Batu Pertama Bangun Musala
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (kanan). Foto: MI/Mohamad Irfan

Metrotvnews.com, Tolikara: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo didampingi Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen Fransen Siagaan, Bupati Tolikara Usman Wanimbo dan pihak gereja, meletakkan batu pertama pembangunan musala di Karubaga, Kabupaten Tolikara. Musala akan dibangun di halaman Koramil 1702/WMS.

"Peletakan batu pertama dilakukan sebagai salah satu upaya pemulihan insiden Tolikara," kata Tjahjo, saat berkunjung ke Tolikara, Selasa (21/7/2015).

Tjahjo menuturkan, dalam penyelesaian kasus ini, pemerintah pusat dan daerah akan bersatu.

"Tak ada lagi sekat. Di saat daerah tercubit, maka pusat juga akan sakit," ujarnya.

Untuk itu, pemerintah pusat terus mendorong bupati, polisi dan TNI untuk memulihkan stabilitas sosial di sana.
 
Saat ini warga yang kiosnya terbakar akan dipindahkan ke bekas kantor bupati setelah sebelumnya mengungsi di tenda darurat di belakang Koramil.
 
Tjahjo mengklaim sejauh ini kehidupan beragama di Papua berjalan baik dan insiden Tolikara hanya titik api kecil yang harus segera dipadamkan.

Dia meminta Bupati Tolikara Usman Wanimbo setiap hari turun ke lapangan untuk melihat perkembangan pemulihan dan rekonsiliasi pascakejadian.

"Harus koordinasi dan komunikasi dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama. Gubernur Papua (Lukas Enembe) juga harus hadir di Tolikara," tegasnya.

Pemerintah akan membangun pos keamanan gabungan TNI/Polri untuk mengantisipasi orang luar masuk ke Tolikara. Pos akan berdiri hingga tiga bulan ke depan. "Setiap orang yang masuk Tolikara akan diperiksa identitasnya, termasuk KTP," katanya.
 
Dalam kunjungannya ke Tolikara, Mendagri menyempatkan diri bertemu korban penembakan yang dirawat di RS Tolikara. Salah satunya Linus Wandikbo yang terkena serpihan peluru di tangan. Mendagri juga sempat menjenguk pengungsi dan memberikan paket 100 kitab Alquran.


(UWA)

Penyakit Novanto Kembali Bertambah

Penyakit Novanto Kembali Bertambah

3 hours Ago

Setyo menduga vertigo yang diderita Novanto berasal dari penyakit sinusitisnya.

BERITA LAINNYA