Penjualan Daging Sapi & Ayam Masih Sepi Pembeli

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 21 Jul 2015 18:01 WIB
dagingdaging ayamdaging sapi
Penjualan Daging Sapi & Ayam Masih Sepi Pembeli
Ilustrasi (MI/Ahmad Yakub)

Metrotvnews.com, Jakarta: Harga daging ayam dan harga daging sapi terpantau telah mengalami penurunan, setelah hari raya Lebaran terlewati. Penurunan harga daging ayam dan daging sapi ini terjadi lantaran sepinya pembeli.

Harga daging sapi saat ini tercatat sebesar Rp100 ribu per kilogram (kg) atau mengalami penurunan sebesar Rp20 ribu per kg dari sebelumnya Rp120 ribu per kg. Masih sepinya pembeli membuat pedagang sapi menurunkan harganya.

"Harga daging sapi Rp100 ribu per kg dari sebelumnya Rp120 ribu per kg. Turun Rp20 ribu per kg," ujar Udin, salah satu pedagang sapi, kepada Metrotvnews.com, ditemui di Pasar Kramat Jati, Jakarta, Selasa (21/7/2015).

Karena sepinya pembeli, ia mengaku, hanya pedagang bakso yang membeli daging sapi kepadanya setelah baru berjualan kembali dari kemarin. "Yang biasanya beli masih pada di kampung. Jadinya tukang bakso saja yang beli," jelas Udin.

Udin memprediksi aktivitas akan kembali berjalan normal pada seminggu setelah Lebaran. Kebetulan saat itu merupakan momen di mana anak sekolah mulai kembali masuk. "Paling minggu depan sekitar 27 Juli. Soalnya anak sekolah sudah masuk kembali dari libur panjang," tuturnya.

Sepinya pembeli juga dirasakan Mung selaku pedagang ayam di pasar tersebut. Saat ini harga ayam tercatat mencapai Rp24 ribu per kg. "Kemarin Rp25 ribu per kg. Sebelumnya lagi Rp28 ribu per kg. Sampai hari ini sudah turun Rp4.000 per kg," ujar Mung, yang tinggal di Kampung Makassar.

Ia mengaku bahwa seharusnya hari ini dia tidak berjualan tapi lantaran sudah janji dengan salah satu pelanggan maka ia tetap masuk demi mendapat rezeki. Meskipun sepi pembeli, baginya penjualan Lebaran tahun ini dan tahun lalu sama saja.

"Sama saja hampir tidak ada yang berubah. Biasanya memperoleh untung sebesar Rp1 juta. Tapi itu juga habis lagi kepotong buat tunjangan hari raya (THR)," ungkap Mung.

Berdasarkan pantauan, pedagang daging di Pasar Kramat Jati masih banyak yang pulang kampung. Terlihat hanya Udin, Mung, dan satu penjual daging sapi lainnya yang masih berjualan di dalam pasar tersebut.


(ABD)

Rapat Pleno Penentuan Nasib Novanto Digelar Tertutup

Rapat Pleno Penentuan Nasib Novanto Digelar Tertutup

42 minutes Ago

DPP Partai Golkar tengah menggelar rapat pleno dengan agenda konsolidasi internal pasca-kasus y…

BERITA LAINNYA