Aktivitas Gunung Raung Ganggu Arus Mudik dan Arus Balik

Patricia Vicka    •    Selasa, 21 Jul 2015 18:10 WIB
gunung gamalama meletusmudik lebaran 2015gunung raung
Aktivitas Gunung Raung Ganggu Arus Mudik dan Arus Balik
Asap solfatara menyembur dari Gunung Raung terlihat dari Desa Sumber Arum, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (4/7). Foto: Antara/Budi Candra Setya

Metrotvnews.com,Yogyakarta: Peningkatan aktivitas Gunung Raung pekan lalu berdampak signifikan pada arus mudik dan arus balik penumpang.

Pasalnya, sejumlah bandara besar ditutup akibat meletusnya Gunung Raung dan Gamalama. Akibatnya, sejumlah penerbangan dibatalkan. Kalau pun tetap diterbangkan terjadi keterlambatan hingga berjam-jam.

"(Meletusnya Gunung Raung) itu berpengaruh pada arus mudik. Karena Bandara Ngurah Rai Bali dan Bandara Juanda Surabaya diberlakukan buka tutup. Malang, Banyuwangi, dan Sumenep juga sempat ditutup," ujar Menteri Perhubungan Ignasius Jonan saat mengecek arus balik, di Bandara Adisucipto Yogyakarta, Senin (21/7/2015).

Untuk mengatasi persoalan itu, Jonan meminta rute penerbangan diputar agar tidak melewati sebaran abu vulkanik.

"Rute udara sudah diatur supaya tidak melewati debu vulkanik. Di luar itu kami tidak bisa berbuat apa-apa. Namanya juga bencana, tidak ada yang bisa memprediksi," pungkasnya.

Sebelumnya, General Manager Angkasa Pura I Bandara Adisucipto, Andi G Wirson, mengatakan penutupan beberapa Bandara pekan lalu tidak menimbulkan protes berlebihan penumpang.

"Penumpang yang delay atau di-reschedule sudah diberitahu pihak maskapai. Mereka juga sudah memaklumi hal itu karena ini bencana alam," kata Andi.


(UWA)