Kenaikan Penumpang Pesawat Paling Tinggi Pada Lebaran Ini

Patricia Vicka    •    Selasa, 21 Jul 2015 18:43 WIB
mudik lebaran 2015
Kenaikan Penumpang Pesawat Paling Tinggi Pada Lebaran Ini
Menhub Jonan menyapa penumpang di Bandara Adisucipto. Foto: MTVN/Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pesawat terbang menjadi pilihan moda transportasi favorit pemudik pada Lebaran tahun ini.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan dari H-7 hingga H+2 Lebaran, pemudik yang menggunakan pesawat naik dua persen dibandingkan tahun lalu.

"Secara nasional kenaikan itu paling tinggi dibandingkan moda transportasi lain. Ini baru pertama kali kenaikan penerbangan lebih besar dari kereta api (1,5 persen)," ujar Menteri Perhubungan Ignasius Jonan saat meninjau arus balik di Bandara Adisucipto, Yogyakarta, Selasa (21/7/2015).

Sementara itu, masyarakat yang mudik menggunakan angkutan bus menurun lima persen. "Ini karena adanya mudik gratis. Jadi, jumlah mereka tidak dihitung," jelasnya.

Penumpang kapal laut juga menurun sekitar dua persen dibandingkan tahun lalu. "Mungkin karena pindah ke penerbangan," ucap mantan dirut PT KAI ini.

Ia memprediksi puncak arus balik di jalur darat nonkereta api akan terjadi pada Kamis 23 Juli hingga Sabtu 25 Juli.

"Untuk kendaraan pribadi dari kemarin sudah arus balik. Orang yang masuk ke Jawa Barat dan ke arah Jabodetabek mulai penuh," tutupnya.

Hingga kini, data dari posko Lebaran di Bandara Adisucipto mencatat jumlah penumpang pesawat di Bandara Adisucipto per 20 Juli sebanyak 338.262 orang. Jumlah ini mengalami kenaikan 14,3 persen dibandingkan tahun lalu.


(UWA)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

7 hours Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA