Warga Kota Jakarta Mulai Jual Emas Perhiasan

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 21 Jul 2015 22:34 WIB
emas
Warga Kota Jakarta Mulai Jual Emas Perhiasan
Ilustrasi emas. AFP PHOTO

Metrotvnews.com, Jakarta: Hingga empat hari setelah hari raya Lebaran, sejumlah warga di Kota Jakarta mulai melakukan penjualan terhadap emas utamanya emas perhiasan. Diperkirakan, aksi penjualan yang dilakukan ini untuk mempersiapkan biaya masuk sekolah.

Yusuf, salah satu pemilik toko Perhiasan Bintang mengaku, banyak warga yang datang ke tokonya untuk menjual emas perhiasan. Ia menduga banyak warga yang menjual tersebut untuk persiapan anak masuk sekolah.

"Dari kemarin banyak yang jual emas. Bisa saja buat persiapan anak sekolah," ujar Yusuf, kepada Metrotvnews.com, ditemui di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta, Selasa (21/7/2015).

Yusuf menjelaskan bahwa hal ini sebenarnya sudah menjadi kebiasaan warga setelah perayaan hari raya Lebaran. Adapun emas perhiasan yang paling banyak dijual adalah kalung dan cincin. "Biasanya yang dijual bervariasi. Untuk hari ini kebanyakan kalung dan cincin. Memang begitu biasanya setelah Lebaran," jelas Yusuf.

Yusuf tak memungkiri bahwa pembelian emas sekarang ini terbilang sepi. Namun demikian, dirinya memprediksi transaksi pembelian emas akan kembali meningkat pada bulan depan. "Biasanya sih sebulan bakal banyak lagi orang yang membeli emas," ungkapnya.

Sebagai informasi, untuk harga emas perhiasan di tokonya tercatat sebesar Rp250 per gram. Sedangkan untuk perak tercatat harga yang dibanderol sebesar Rp30 ribu per gram.


(ABD)