Pertamina Bantah Kelangkaan BBM di Brebes

LB Ciputri Hutabarat    •    Rabu, 22 Jul 2015 04:55 WIB
bbm langka
Pertamina Bantah Kelangkaan BBM di Brebes
SPBU di wilayah Pantura Brebes banyak yang kehabisan stok premium dan solar. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Pertamina membantah terjadi kelangkaan di beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU) di wilayah Pantura Brebes, Jawa Tengah. Humas PT Pertamina Region IV Robert Marchelino menyebutkan SPBU yang dimaksud sedang berada pada masa bongkar tangki. Sehingga, menurut dia, wajar saja SPBU tersebut menghentikan pelayanan untuk sementara.

"Bahwa SPBU yang disebutkan dalam berita tersebut tidak pernah terjadi kelangkaan, kalaupun pelayanan sempat terhenti sesaat, hal ini wajar karena terjadi proses bongkar dari tanki ke SPBU proses pelayanan untuk sementara dihentikan," kata Robert kepada Metrotvnews.com, Selasa (21/7/2015).

Penghentian pelayanan sementara merupakan sistem yang harus dilakukan karena sesuai dengan aspek-aspek Health, Safety, Security and the Environment (HSSE). Ditambahkannya lagi, penghentian layanan sementara dimaksudkan untuk menghindari risiko kecelakaan dan kerugian bagi konsumen maupun SPBU.

Selama ini, sambung dia, Peramina sudah melakukan sejumlah usaha untuk memberikan pengawasan dan kemudahan. Beberapa di antaranya dengan memonitor bahkan memberikan fasilitas kredit dan setor angkut di hari yang sama agar BBM di SPBU tetap tersedia.

Pertamina juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Koordinasi dilakukan dengan pengawalan mobil tangki oleh patwal polisi dalam mengirim BBM dari Terminal BBM Maos ke SPBU sekitarnya.

"Pertamina juga mengoptimalkan SPBU Kantong, serta telah melaksanakan suplai BBM dengan sistem distribusi contra flow, yakni melawan arus kemacetan," imbuh dia.

Sebelumnya, diberitakan bahwa beberapa SPBU di Brebes kehabisan premium dan solar. Beberapa SPBU tersebut antar lain di Jatibarang (2 SPBU), Klampok (2 SPBU), dan Bulakamba (1 SPBU).


(AZF)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

16 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA