Rupiah Hampir Dekati Level Rp13.400/USD

Ade Hapsari Lestarini    •    Rabu, 22 Jul 2015 09:47 WIB
kurs rupiah
Rupiah Hampir Dekati Level Rp13.400/USD
Ilustrasi. FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pagi ini dibuka menguat. Rupiah bahkan nyaris mendekati level Rp13.400 per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rabu (22/7/2015), rupiah pagi ini dibuka menguat ke Rp13.367 per USD jika dibandingkan dengan pergerakan sebelumnya yang berada di Rp13.373 per USD. Rupiah terpantau menguat empat poin atau setara 0,03 persen.

Sementara itu, berdasarkan data Yahoo Finance, rupiah berada di level Rp13.375 per USD dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Rupiah menguat 2,50 poin atau setara 0,02 persen.

Penguatan rupiah pagi ini senada dengan menguatnya indeks harga saham gabungan (IHSG) yang menguat tipis. Sebelumnya Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada mengatakan pergerakan rupiah terhadap dolar AS (USD) jelang libur Lebaran kemarin kembali melanjutkan pelemahan. Hari ini, kondisi rupiah masih tidak akan jauh berbeda, masih berada di zona negatif.

"Apalagi sentimen dari internal berupa rilis neraca perdagangan yang mengalami surplus tidak cukup membantu penguatan rupiah. Kami melihat susahnya rupiah berbalik menguat disebabkan surplus neraca perdagangan yang lebih rendah dari sebelumnya dan penurunan nilai ekspor-impor dibandingkan rilis sebelumnya," ungkap dia.


(AHL)