Panja DPR Siap Finalisasi Draf RUU BI

Antara    •    Rabu, 22 Jul 2015 11:19 WIB
bank indonesiadpr ads
Panja DPR Siap Finalisasi Draf RUU BI
Gedung Parlemen (MI/SUSANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Panitia Kerja (Panja) Penyusunan Rancangan Undang-Undang Bank Indonesia (RUU BI) saat ini sedang bekerja melakukan finalisasi draf RUU BI. RUU ini menjadi penting karena Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah hadir.

"Konsep ideal Bank Indonesia sebagai bank sentral Republik Indonesia sedang dipersiapkan oleh Panja, termasuk didalamnya soal bentuk desain organisasi BI setelah lahirnya OJK," ujar Anggota Panja Penyusunan RUU BI Mukhamad Misbakhun, di Jakarta, Rabu (22/7/2015).

Menurut anggota Komisi XI DPR tersebut, posisi BI dalam skema pola hubungannya sebagai The Lander of the Last Resort nantinya harus merujuk dalam protokol yang diatur dalam Jaring Pengaman Sektor Keuangan (JPSK).

"Pola relasi hubungan dengan pemerintah dan bentuk bank sentral di mana sistem pembayaran menjadi kewenangan yang melekat di dalam organisasi bank sentral. Banyak model-model bank sentral yang bisa dijadikan pembanding bagi Panja Penyusunan RUU BI," ujarnya.

Ia menjelaskan, salah satu yang bisa dijadikan rujukan pembanding dalam hal ini adalah Reserve Bank Of Australia yaitu Otoritas Bank Sentral Australia. Pada aspek ini, BI bertanggung jawab mengatur kebijakan sistem pembayaran bank dan penerbit mata uang, disamping juga menyediakan jasa kepada pemerintah di mana keuntungannya dikirimkan kembali kepada pemerintah.

"Tujuan utama kita mencari bentuk pembanding ini adalah untuk memperkuat peran tugas dan fungsi BI sebagai bank sentral Republik Indonesia yang mampu menjadi penopang sistem perekonomian nasional yang tangguh dan kuat demi tercapainya kesejahteraan rakyat seperti yang diamanatkan oleh konstitusi negara," tutup dia.


(ABD)