Pemerintah Berhasil Kumpulkan Pungutan CPO Rp21 Miliar

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 22 Jul 2015 12:38 WIB
biofuel
Pemerintah Berhasil Kumpulkan Pungutan CPO Rp21 Miliar
Ilustrasi (MI/ATET DWI PRAMADIA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah telah berhasil mengumpulkan dana dari Crude Palm Oil (CPO) untuk pengusaha yang melakukan ekspor produk sawit. Setidaknya, dalam satu hari dana pungutan CPO sudah terkumpul sebesar Rp21 miliar.

"Terbukti kita sudah berhasil. Sudah bisa satu hari pertama kita mengumpulkan dana sebesar Rp21 miliar," kata Direktur Penyaluran Dana Badan Layanan Umum (BLU) Danan Kusdiana, di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (22/7/2015).

Meskipun sistem belum sempurna dan masih manual, Dadan mengungkapkan, keberhasilan dalam mengumpulkan dana ini adalah sebagai bentuk upaya mengimplementasikan penerapan Biodiesel 15 persen ke bahan bakar minyak (BBM) solar.

"Jadi sistem bisa jalan. Memang belum sempurna. Masih manual," ungkap dia.

Sebagai informasi, pemerintah telah membentuk BLU yang diberi nama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP Sawit) yang bertugas menghimpun dana pungutan untuk ekspor produk sawit atau CPO. Pungutan diberlakukan untuk setiap ekspor CPO sebesar USD50 per ton, termasuk varian dari produk turunan CPO mulai dari USD10 per ton hingga USD40 per ton.


(ABD)