Eksekusi Mary Jane Tak Jelas

Lukman Diah Sari    •    Rabu, 22 Jul 2015 13:00 WIB
eksekusi mati
Eksekusi Mary Jane Tak Jelas
Jaksa Agung HM Prasetyo. Foto: Ismar Patrizki/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Eksekusi Terpidana mati asal Filipina Mary Jane Fiesta Veloso masih belum ada kejelasan. Kejaksaan Agung masih menanti proses hukum terhadap Maria Christina Sergio, wanita yang mengaku sebagai penyalur Mary Jane untuk bekerja di luar negeri. 

Mary Jane dijadwalkan menjadi saksi dalam persidangan Maria. Namun hingga kini, belum ada informasi dari pengadilan di Filipina terkait kapan Mary Jane akan memberikan keterangan.       

"Mary Jane masih menunggu proses hukum di Filipina, nanti kita komunikasikan," kata Jaksa Agung HM Prasetyo usai mengikuti Upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke-55, di Kejaksaan Agung, Jalan Sultan Hasanudin, Jakarta Selatan, Rabu (22/7/2015).

Mantan Jaksa Agung Muda Pidana Umum ini mengatakan, hingga kini pihaknya masih menanti kabar dari pihak otoritas Filipina terkait dibutuhkanya keterangan Mary Jane yang diklaim sebagai korban perdagangan manusia.

"Sampai sekarang belum ada beritanya. Tentunya kita menghargai apa yang dilakukan," tukasnya.

Sebelumnya, Mary Jane bakal dieksekusi di LP Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, pada 28 April lalu. Eksekusi Mary Jane ditunda lantaran Maria, agen yang menyalurkan Mary Jane sebagai pekerja migran, menyerahkan diri ke kepolisian Filipina. 

Kepada polisi, Maria menyatakan Mary Jane adalah korban perdagangan orang. Maria diproses hukum dan Mary Jane dijadwalkan menjadi saksi.     

Keputusan penundaan eksekusi Mary Jane hanya beberapa jam sebelum pasukan Brimob Polri menembak mati delapan gembong narkotika. Mary Jane tadinya bakal dieksekusi bersamaan dengan mereka.   

Serupa Mary Jane, terpidana mati Sergei Atlaoui pun juga masih tertunda eksekusi matinya. Prasetyo menegaskan, pihaknya bakal mengevaluasi kembali untuk menentukan kapan waktu yang tepat mengeksekusi Sergei.

"Ya nanti akan kita evaluasi lagi eksekusinya kapan apa dimana dan bagaimana ya," tutupnya.


(KRI)

Hakim Tolak Eksepsi KPK

Hakim Tolak Eksepsi KPK

42 minutes Ago

Itu berarti, proses praperadilan terhadap Novanto bakal dilanjutkan ke tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA