Menko Maritim Sambut Satgas KJK World Expo Milano

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 22 Jul 2015 14:07 WIB
kemaritiman
Menko Maritim Sambut Satgas KJK World Expo Milano
Menko Maritim Indroyono Soesilo saat menyambut satgas KJK WEM 2015. FOTO: MTVN/Gervin Purba

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator Kemaritiman (Menko Maritim) Indroyono Soesilo memimpin upacara penyambutan secara resmi Satuan Tugas (Satgas) Kartika Jala Krida (KJK) 2015 World Expo Milano (WEM) di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dalam upacara penyambutan tersebut, Indroyono didampingi Kepala Staf TNI Angkatan Laut. Satgas KJK WEM 2015 ini telah menunaikan tugas dalam rangka perjalanan muhibah menggunakan kapal KRI Banjarmasin menuju Milan, Italia dalam rangka berpartisipasi dalam World Ocean day di WEM 2015 mewakili Indonesia.

"Satgas KJK WEM 2015 telah menjalankan tugas menuju Milan menggunakan kapal KRI Banjarmasin untuk mewakili Indonesia dalam rangka World Ocean Day," ujar Indroyono saat di Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (22/7/2015).

Setelah penyambutan, acara akan dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) di atas deck KRI-592 Banjarmasin antara Kemenko Maritim RI dan TNI AL. Penandatanganan tersebut dalam rangka pemanafaatan KRI Arung Samudera untuk mendukung kegiatan Kemenko Maritim.

"Penandatanganan tersebut dalam rangka pemanfaatan KRI Arung Samudera untuk kegiatan Menko Maritim," kata Indroyono.

Menurut dia, kerja sama ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan KRI Arung Samudera dalam pelaksanaan kegiatan lingkup Menko Maritim. Lalu  mempertahankan nilai bersejarah kapal, pemerataan pembangunan di pulau-pulau terluar, terpencil, dan daerah perbatasan.

Selain itu, meningkatkan partisipasi aktif dalam festival maritim skala nasional dan internasional, sarana diplomasi kemaritiman, serta pengembangan karakter bahari Bangsa Indonesia.

Adapun implementasi kegiatan yang akan dilaksanakan yakni mendukung penyelenggaraan kegiatan lingkup Menko Maritim. Yang meliputi keikutsertaan KRI Arung Samudera dalam mendukung acara puncak Sail Tomini 2015 di Perairan Parigi Moutong sekaligus mendukung festival Boalemo.

Kemudian keikutsertaan KRI Arung Samudera dalam rangka mendukung acara puncak Hari Nusantara 2015 di Lampulo Banda Aceh dan Pelayaran dalam rangka mendukung pendidikan, pelatihan, dan diplomasi maritim pada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman 2015.


(AHL)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

12 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA