Hari Pertama Kerja, 20 PNS Pemprov Jatim Tak Ngantor

Amaluddin    •    Rabu, 22 Jul 2015 14:12 WIB
pns
Hari Pertama Kerja, 20 PNS Pemprov Jatim Tak <i>Ngantor</I>
Foto: Gubernur Jawa Timur Soekarwo/MTVN_Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Sebanyak 20 pegawai negeri sipil (PNS) Pemerintah Provinsi Jawa Timur tidak masuk kerja di hari pertama usai libur Idul Fitri, Rabu 22 Juli. Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengaku enggan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah biro di bawah naungannya.

"Saya tidak ingin para pegawai di sini merasa diawasi terus jika kami melakukan sidak. Saya ingin membangun kesadaran pegawai untuk secara aktif rajin masuk kantor tanpa harus terpaksa masuk karena sidak," kata Soekarwo kepada wartawan di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (22/7/2015).

Pria yang akrab disapa Pakde Karwo juga mengaku menerima laporan PNS yang tidak masuk dari Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur Akhmad Sukardi.

"Dari hasil laporan Pak Sekda, hanya ada 20 orang yang tidak masuk. Itu pun memang karena sakit, tugas belajar, cuti hamil, dan sedang umrah," kata Pakde Karwo.

Ada 912 PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Ratusan PNS itu terbagi dalam 11 biro. Berdasarkan data yang diperoleh, ada 10 pegawai yang sakit di hari pertama kerja ini. Selain itu, ada empat pegawai yang belajar di luar kota dan selebihnya cuti dan umrah.

Menurut Akhmad, data ini belum sepenuhnya. Sementara data PNS di dinas lainnya akan masuk siang ini. "Untuk seluruh pegawai Pemprov Jatim, laporannya baru siang nanti. Sore harinya bisa diketahui berapa yang tidak masuk pada hari pertama masuk kerja ini," kata Akhmad.


(TTD)