Sering Telat Bangun? Ini Solusinya

   •    Rabu, 22 Jul 2015 16:32 WIB
kesehatan
Sering Telat Bangun? Ini Solusinya
Foto: huffingtonpost.com

Metrotvnews.com: Banyak orang sering bangun kesiangan. Kebiasaan buruk ini tentu bisa merusak rutinitas dan rencana pagi Anda. Anda akan cenderung buru-buru ke kantor atau sekolah dan melewatkan sarapan.

Hal ini juga membuat Anda pergi beraktivitas dengan 'mata panda' dan wajah yang tidak bersemangat.

Sebenarnya jika kualitas tidur Anda baik, Anda dapat dengan mudah bangun pagi tanpa harus merasa lelah. Tetapi, bagaimana cara memastikan Anda tidur dengan kualitas baik agar bisa bangun pagi? Berikut beberapa tips yang bisa membuat Anda tidak bangun terlambat.

- Segera pulang
Jika Anda ingin bangun pagi setiap hari, penting untuk mempertahankan rutinitas malam yang baik untuk membantu tubuh Anda mendapatkan istirahat yang cukup pada waktunya. Jadi pastikan Anda pulang lebih awal setiap malamnya dan menghindari pulang terlambat. Karena berada di dalam rumah itu bisa memungkinkan Anda lebih banyak memiliki waktu istirahat ketimbang di luar.

- Mandi
Membersihkan tubuh sebelum tidur membantu merilekskan badan Anda, dan Anda cenderung akan tertidur lebih cepat. Apabila Anda tidur lebih awal, peluang Anda bangun pagi juga akan meningkat.

- Makan malam yang tepat
Pastikan Anda selesaikan makan malam Anda sebelum pukul delapan malam. Karena makan setelah waktu itu tidak sehat. Makan malam tepat waktu bisa membantu Anda tidur tanpa merasa gelisah dan membuat Anda cepat terlelap karena perut Anda sudah terisi makanan.

- Tidur lebih awal
Pastikan Anda sudah menyelesaikan segala sesuatu yang lain sebelum tengah malam. Lagi pula, tidur lebih awal juga bisa membuat kualitas tidur Anda lebih baik. Jangan budayakan begadang, karena itu tidak baik untuk kesehatan dan sudah jelas membuat Anda bangun terlambat.

- Jangan menonton televisi sebelum tidur
Menonton televisi bisa membuat Anda lupa waktu dan menghabiskan waktu hingga berjam-jam di depan televisi. Biasanya Anda susah untuk tidur setelah menonton sebab Anda akan memikirkan tentang sesuatu yang Anda lihat di TV meskipun Anda sudah mematikannya.

- Optimalkan aktivitas fisik Anda
Ketika tingkat makanan dan aktivitas fisik Anda sempurna. Maka tubuh Anda juga cenderung mampu bekerja dengan baik. Maka dari itu, makanlah makanan yang sehat dan tetap melakukan olahraga untuk menghasilkan aktivitas fisik yang optimal. Ini adalah salah satu tips penting untuk bangun pagi karena gaya hidup yang buruk itu juga salah satu penyebab Anda tidak memiliki kualitas tidur yang sempurna. (Sumarni/ boldsky)

 


(AWP)